Tips

Tips mengatur keuangan saat liburan ke luar negeri

credit card

Travelers, jalan-jalan ke luar negeri dalam jangka waktu lama pasti butuh persiapan matang ya. Baik rumah yang akan ditinggalkan atau cara mengatur keuangan selama dalam perjalanan. Biar tidak terkena kanker alias kantong kering saat di negeri orang, PegiPegi punya tips-tipsnya nih. Simak ya, travelers!

Pilih jenis pembayaran

credit card

foto: www.consumerfu.com

Saat kamu bepergian ke luar negeri, yang pertama harus kamu pikirkan adalah tentang pembayaran di negara tujuan. Entah traveller cheques, uang tunai negara lokal, kartu kredit atau Dollar. Selain itu, ada beberapa negara yang memakai 2 – 3 mata uang. Misalnya kalau di Eropa bisa berlaku Dollar, Poundsterling, dan Euro. Tetapi biar gampang sebaiknya kamu pakai mata uang lokal karena lebih mudah, ramah, dan murah.

Kalau harus memakai ATM internasional

Travelers, sebelum kamu pakai kartu debit untuk mendapatkan uang dari ATM international, lakukanlah sedikit riset di internet atau tanya-tanya temanmu. Kenapa? Karena saat memakai ATM Indonesia, kamu akan dikenai biaya. Kalaupun harus pakai ATM Indonesia, carilah kartu ATM atau kartu debit yang berpartner dengan ATM. Ingat ya travelers, kalau kamu pakai ATM internasional, biasanya transaksi untuk mengonversi mata uang ke Dollar dikenai biaya sekitar 3%.

Beli mata uang di Indonesia

Foto 2 Tips Mengatur Keuangan di Luarnegeri

Satu hal yang harus kamu ingat, tidak semua mata uang tersedia di money changer di Indonesia. Bahkan ada beberapa tetangga ASEAN yang tidak ada, seperti Filipina, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Mau tidak mau kamu harus beli di negara tersebut. Nah mata uang yang paling aman dibawa ya Dollar.

Cari money changer yang bisa dipercaya

Ada saatnya dimana uang habis dan kamu harus segera menukar dengan mata uang lokal. Kalau ini terjadi, sebelum berangkat cek dulu nilai mata uang negara yang dituju lalu pergilah ke money changer yang bisa dipercaya. Kamu bisa tanya ke hotel tempat menginap. Ini penting agar kamu terhindar dari praktek penipuan yang marak terjadi bagi wisatawan asing. Biasanya harga jualnya sekitar 3% – 7%, bila money changer tersebut menggunakan persen. Satu hal lagi, hindari money changer yang ada di bandara atau hotel karena biasanya harganya jauh lebih mahal bila dibandingan di luar bandara dan hotel.

Catat dan ingat-ingat semua pengeluaran

Foto 3 Tips Mengatur Keuangan di Luarnegeri

Travelers, kalau rencana jalan-jalan ke luar negeri lama, kamu wajib mengingat dan mencatat semua pengeluaran sehingga bisa tahu kemana saja uang yang kamu belanjakan. Jangan sampai boros ya karena akibatnya bisa fatal. Yang penting lagi, simpan semua uang kembalian terutama kalau kamu plesiran ke negara-negara ASEAN karena harga makanan dan kebutuhan sehari-hari disana tidak jauh beda dengan di Indonesia.

Belanjalah seperti orang lokal dan simpan kembaliannya

Entah di negara-negara Asia, Afrika ataupun Eropa, mereka mungkin menerima uang Dollar. Tapi jauh lebih aman kalau kamu juga pakai mata uang lokal karena harganya tidak dinaikkan. Kalau kamu nekat pakai kartu kredit, kantong kamu bisa jebol karena ada beberapa kartu kredit yang mengenakan biaya transaksi tiap kali kamu melakukan pembelian di luar negeri. Kalau kamu pakai uang lokal, akan jauh lebih mudah untuk menyantap camilan, kopi, atau membeli souvernir tanpa ribet.

Jangan bingung kalau dompet hilang

Travelers, pasti tidak ada yang mau kalau dompet hilang saat lagi jalan-jalan ya. Tapi tidak usah sampai kelimpungan. Kamu bisa mengantisipasinya dengan mem-fotocopy pasport dan semua yang ada di dompet, termasuk kartu identitas, kartu kredit, dan juga nomor-nomor penting saat di luar negeri. Simpan semua copy-an tersebut di tempat yang aman atau ditinggal saja di hotel. Jadi kalau kamu kehilangan dompet, kamu bisa langsung menghubungi bank atau perusahaan kartu kredit lebih cepat sehingga kamu bisa balik lagi ke Indonesia.

Selamat liburan ya travelers!

 

Sudah semakin siap liburan panjang ke luar negeri? Mulai cari-cari hotelnya di Pegipegi yuk!

 

(Visited 467 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top