Tips

Mengatasi FOMO Ketika Traveling

Sebelumnya, pegipegi mau tanya, nih. Apakah kamu punya ciri-ciri berikut ini:

  1. Cemas jika nggak bawa charger dan power bank.
  2. Cemas jika duduk di tempat yang jauh dari colokan.
  3. Cemas jika baterai ponsel tinggal sedikit.
  4. Cemas jika kuota internet tinggal sedikit.
  5. Sering mencari wifi gratis.
  6. Kuota cepat habis, padahal sudah sering memanfaatkan wifi.
  7. Harus pegang ponsel beberapa menit sekali.
  8. Cemas jika aplikasi media sosial sedang hang.
  9. Setiap beberapa menit sekali pasti ngecek media sosial.
  10. Merasa ada yang salah jika nggak tahu berita terbaru di media sosial.
  11. Baterai ponsel sering bocor.
  12. Dalam setahun sudah beberapa kali ganti baterai ponsel karena bocor.
  13. Ketika kumpul dengan teman atau keluarga, tapi malah sibuk dengan media sosial.
  14. Pekerjaan sering terbengkelai karena kamu sibuk sama media sosial.
fomo1

www.livingwithpower.com

Jika kamu merasa memiliki 7 dari 14 ciri di atas, kemungkin besar kamu punya fobia FOMO (fear of missing out). Rasa takut di sini berkaitan dengan kecemasan kamu apabila ketinggalan berita di media sosial. Kalau sudah sampai pada tahap kecanduan, lebih baik segera diatasi karena bisa berdampak buruk buat hidup kamu. Kamu jadi lupa beribadah, lupa bangun hubungan dengan keluarga dan teman, pekerjaan jadi terbengkelai, dan liburan kamu jadi nggak asyik!

Eh serius deh, liburan kamu nggak bakal asyik akibat fobia FOMO. Mungkin teman-teman kamu di media sosial melihat kamu asyik banget bisa update foto seru selama liburan di media sosial. Padahal, ketika kamu upload foto itu, kamu harus berjuang mati-matian karena susah mencari sinyal di pantai. Kamu juga nggak bakal bisa menikmati liburan dengan maksimal karena kamu sibuk mencari kabar terbaru di media sosial.

Untuk mengatasi hal itu, kamu perlu melakukan beberapa hal berikit ini:

Jangan mengaktifkan paket internet

Biasanya, kalau traveling ke luar negeri, kamu dan kawan-kawan bakal beli sim card perdana lokal supaya bisa internetan selama traveling dengan biaya pulsa yang lebih murah. Boleh-boleh aja beli sim card perdana lokal, tapi kamu gunakan aja buat menelepon teman jika terpisah. Bukan untuk mengaktifkan paket internet.

Karena kalau paket internetnya aktif, kamu bakal tergoda untuk main media sosial terus. Kalau Amanda Zevannya, presenter acara “Kokoro No Tomo” malah sengaja nggak beli sim card perdana lokal sama sekali supaya bisa fokus menikmati liburannya di Jepang. “Sayang banget kalau ke Jepang, tapi malah sibuk main media sosial atau chat sama teman. Setiap sudut di Jepang worth it untuk dinikmati, lho!” kata Amanda.

fomo2

www.collective-evolution.com

Liburan di tempat yang nggak ada sinyal

Supaya nggak kecanduan sama media sosial, cobalah liburan di tempat wisata yang nggak ada sinyal. Tempat wisata yang seperti ini, sih, kebanyakan wisata alam. Misalnya, gunung, air terjun, hutan, pantai, goa, dan lain-lain. Mungkin awalnya kamu bete karena setiap kali melihat ponsel, sinyalnya nggak ada. Kamu jadi nggak bisa main media sosial dan berkoneksi sama teman-teman di chat.

Tapi, keuntungannya adalah kamu bisa menikmati keindahan alam dengan fokus tanpa gangguan apa pun. Pikiran pun jadi segar. Selain bisa menikmati keindahan alam, kamu juga jadi bisa melakukan hal-hal lain yang belum sempat kamu lakukan selama ini, misalnya baca buku di pantai. Enak banget kan bisa baca buku tanpa takut kena distraksi dari media sosial!

fomo3

www.trekkingrinjani.com

Simpan ponsel di tempat tersembunyi

Simpal ponsel kamu di tempat tersembunyi dalam tas yang sulit dijangkau. Hal ini dilakukan untuk mencegah kamu mengecek ponsel setiap menit. Ada untungnya juga lho melakukan hal ini. Ponsel kamu pun jadi aman dari air saat bermain di air terjun dan nggak mudah dicopet. Hihihi…

Kalau kamu pengin ambil ponsel buat foto-foto di tempat wisata nggak masalah, lho. Tapi diingat, ya, pakai ponsel cuma buat foto-foto. Bukan buat mengecek media sosial. Kamu nggak perlu upload langsung foto-fotonya. Karena hal itu bisa dilakukan nanti.

Mengobrol sama teman-teman di samping

Katanya, media sosial bisa menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Ketika traveling, jangan sampai teman traveling-mu merasa dicuekin karena kamu main media sosial terus. Lama-lama, teman kamu jadi malas traveling sama kamu, lho. Ajaklah mereka mengobrol dengan seru.

Kamu bisa obrolin soal tempat wisata yang sedang kalian kunjungi, obrolin gosip terbaru, obrolin soal gebetan, pacar, atau tentang oleh-oleh yang mau kalian beli. Kalau sudah begitu, pertemanan kamu bisa makin akrab walaupun liburan sudah selesai.

fomo4

www.mag.desigual.com

Main media sosial di hotel aja

Bukan berarti kamu nggak boleh main media sosial sama sekali ketika traveling. Tapi, main media sosialnya ketika di hotel aja. Biasanya di hotel kan ada fasilitas wifi gratis. Kamu bisa gunakan fasilitas itu untuk main media sosial dan chat sepuasnya sama teman. Kamu bisa upload foto liburan kamu di media sosial dan bikin iri semua teman yang nggak berkunjung ke sana.

Buktiin sendiri gimana enaknya traveling tanpa sibuk dengan ponsel dan media sosial. Selain bisa menikmati setiap detik liburan dengan tenang dan fokus, kamu juga bisa menghemat kuota internet. Hihihi… Nah, kebiasaan seperti ini bisa kamu bawa ketika kembali ke realita. Selamat mencoba, ya!

fomo4

Jika kamu sudah merencanakan traveling tanpa distraksi media sosial, siapkan aja destinasimu dengan memesan tiket pesawat murah di pegipegi.com. Sekalian booking hotel berkualitas dengan diskon gede-gedean di sini, ya!

(Visited 263 times, 1 visits today)

Comments

To Top