Destinasi

Mengapa Bogor Disebut Kota Hujan?

Kota Bogor identik dengan sebutan kota hujan. Alasannya tentu aja karena kota ini sering sekali hujan. Secara tak langsung, hal itu membuat Bogor menjadi lebih sejuk ketimbang kota besar lainnya, sehingga sering dijadikan sebagai tempat wisata. Namun, ada beberapa fakta yang berhubungan dengan Bogor dan hujan yang perlu kamu tahu, nih!

Memiliki musim kemarau yang pendek

Musim kemarau di Bogor terjadi pada bulan Juli sampai September dengan suhu rata-rata 30-32 derajat celcius. Namun, ketika musim hujan pun, hujan masih suka turun. Salah satu spot yang curah hujannya masih tinggi di tengah kemarau adalah Ciawi.

Kota Bogor juga terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Salak, juga berada pada ketinggian 190 sampai 330 meter dari permukaan laut. Udara paling sejuk relatif di Bogor mencapai 21,8 derajat celcius. Sehingga membuat kawasannya sering dilanda hujan orografi (hujan yang terjadi di daerah pegunungan).

Angin laut dari Laut Jawa membawa banyak uap air masuk ke pedalaman dan naik secara mendadak di wilayah Bogor. Uap air masuk ke pedalaman dan naik secara mendadak di wilayah Bogor, sehingga uap air langsung terkondensasi dan menjadi hujan. Nggak heran jika hampir setiap hari turun hujan di Bogor.

Apakah curah hujan Bogor paling tinggi di dunia?

Curah hujan Kota Bogor adalah 3.500 hingga 4.000 meter per tahun dan hingga kapan pun akan dikenal sebagai kota hujan. Namun, curah hujan tersebut bukanlah curah hujan tertinggi di dunia. Bahkan, di Indonesia pun bukan. Di Indonesia, Baturaden, Jawa Tengah memiliki curah hujan tahunan sekitar 4.280 mm (lebih tinggi dari Bogor).

Sedangkan, 10 tempat terbasah di dunia adalah:

  1. Mawsynram, Menghalaya, India dengan curah hujan tahunan 11.871 mm
  2. Cherrapunji, Meghalaya, India dengan curah hujan tahunan 11.777 mm
  3. Tutendo, Kolombia, Amerika Selatan dengan curah hujan tahunan 11.770 mmk
  4. Cropp River, Selandia Baru dengan curah hujan tahuan 11.516 mm
  5. San Antonio de Ureca, Pulau Bioko, Guinea Ekuatorial dengan curah hujan tahuan 10.450 mm
  6. Debundscha, Kamerun, Afrika dengan curah hujan tahunan 10.299 mm
  7. Big Bog, Maui, Hawaii dengan curah hujan tahunan 10.272 mm
  8. Gunung Waialeale, Kauai, Hawaii dengan curah hujan tahunan 9.763 mm
  9. Kukui, Maui, Hawaii dengan curah hujan tahunan 9.293 mm
  10. Emei Schan, Propinsi Sichuan, Tiongkok dengan curah hujan tahunan 8.169 mm

Meskipun sering diguyur hujan, namun kamu masih tetap suka liburan ke Bogor kan? Yuk, rencanakan liburanmu di Bogor dengan cari hotel murah di Bogor lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah di bogor

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top