Destinasi

Menengok Pantai Kuta Lombok yang sungguh elok

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat NTB dan sekitarnya. Selama ini mungkin kamu lebih familiar dengan Pantai Kuta Bali, namun pantai yang ada di Lombok ini juga nggak kalah cantik kok. Bahkan wisata Pantai Kuta Lombok makin digenjot sehingga fasilitas dan sarana yang ada makin lengkap. Yuk ikuti ulasan lengkap dari Pegipegi.com!

Pantai Kuta Lombok

foto: tempatwisataid.com

 

Lokasi dan akses menuju Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB atau berjarak sekitar 72 km dari Kota Mataram dan bisa dijangkau dalam waktu 1,5 jam. Karena alat transportasi umum masih sulit dan tergolong mahal, kamu disarankan menyewa mobil atau ikut travel agent.

Kalau mendarat di bandara, rutenya adalah Bandara Internasional Lombok Praya – Pantai Kuta Lombok (30 menit). Sedangkan kalau mendarat dari Bandara Selaparang, rutenya adalah Bandara Selaparang (Kota Mataram) – sewa mobil atau naik taksi bandara dengan tarif Rp200.000* (1,5 jam – 2 jam). Oh ya, di sini nggak ada biaya tiket masuk dan parkir, namun kamu tetap dituntut menjaga kebersihan ya.

Legenda Pantai Kuta Lombok dan Upacara Bau Nyale

Travelers, keberadaan Pantai Kuta Lombok ini menjadi satu paket dengan cerita yang berkembang di tengah masyarakat tentang Putri Mandalika. Konon, dikisahkan kalau Putri Mandalika adalah seorang gadis yang sangat cantik. Popularitasnya makin tersebar sehingga banyak pangeran dan pemuda yang ‘kepincut’ ingin menikahinya.

2 kelilinglombok.blogspot.com

Saking banyaknya pemuda yang ingin melamar, ia sendiri jadi bingung dan tidak bisa menentukan pilihan. Jalan pintas yang ia pilih adalah dengan melompat ke laut dari sebuah bukit yang tinggi. Sebelum pergi, ia berjanji untuk datang sekali dalam setahun. Ia pun menepati janjinya dengan mengirim ‘cacing nyale’ yang dipercaya sebagai jelmaan rambut Putri Mandalika. Hingga kini, ritual mencari cacing nyale pun terus dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Bukit yang dipercaya sebagai tempat Putri Mandalika terjun ke laut pun dinamai dengan Bukit Mandalika. Kalau dulu dijadikan tempat mengakhiri hidup sang putri, kini Bukit Mandalika dijadikan spot menikmati Pantai Kuta Lombok dari ketinggian. Bentangan garis pantai yang mengular dengan air laut yang jernih semakin menambah kecantikan pantai ini. Belum lagi dengan gugusan perbukitan dan karang yang mengitari pantai yang semakin menambah atmosfir alami dan menyegarkan.

 

Menyapa cantiknya pantai Kuta Lombok

Travelers, ada satu keunikan yang dimiliki Pantai Kuta Lombok yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di Indonesia. Pantai ini memiliki pasir putih dengan bentuk seperti butiran merica. Unik sekali ‘kan? Kalau berjalan tanpa alas kaki, sensasinya pun menggelikan dan bikin penasaran. Karena kekhasan yang dimiliki inilah kenapa Pantai Kuta Lombok begitu terkenal.

Tidak hanya itu, gugusan perbukitan dengan gradasi berwarna kehijau semakin menambah keindahan khas pantai. Apalagi dengan paduan langit biru yang memantulkan warnanya yang cantik sehingga travelers yang datang tidak akan pernah merasa bosan menghabiskan waktu untuk bersantai di Pantai Kuta Lombok.

3 travelyuk.com

Kalau suka aktivitas air, kamu juga bisa berenang, snorkeling, atau menyelam untuk menyaksikan moleknya jejeran terumbu karang yang terjaga dengan baik. Begitu juga dengan ikan berwarna-warni yang terkadang terlihat bersembunyi diantara terumbu karang. Sedangkan kalau suka hal-hal yang lebih menantang, kamu bisa surfing dan menantang gelombang sambil meliuk-liuk di atas papan selancar.

Wisata ke Pantai Kuta Lombok masih belum selesai lho. Di penghujung waktu, kamu bisa menanti detik-detik sunset sambil duduk-duduk di atas pasir, atau memanjat bukit. Semburat warna kuning kemerahan dan warna jingga makin menambah pesona Pantai Kuta. Selanjutnya, kamu bisa putuskan untuk mendirikan tenda atau menginap di hotel sekitar pantai. Dengan begitu, di pagi hari kamu bisa menyapa sunrise dan mengabadikannya dalam kamera.

Travelers, kalau punya rencana ke Pantai Kuta Lombok, yuk buka website Pegipegi dulu untuk dapatkan tiket pesawat dan hotel. Selamat berlibur.

 

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

(Visited 332 times, 1 visits today)

Comments

To Top