Destinasi

Menengok Keindahan George Town – Penang

beach street

Kalau selama ini kamu hanya mengenal Kuala Lumpur sebagai destinasi saat pergi ke Malaysia, coba deh perluas pengetahuan kamu soal negara tetangga kita yang satu ini. Malaysia masih punya daerah-daerah wisata lain yang mungkin terlewatkan oleh para turis. Salah satunya adalah

Sekilas melihat pemandangan George Town, kamu pasti tidak menyangka kalau kota ini berada di Asia Tenggara. Maklum, kota ini memang masih mempertahankan banyak bangunan kuno peninggalan zaman penjajahan Inggris. Jadi, suasana Eropa kuno masih cukup terasa, dan berdampingan dengan arsitektur Cina dan Melayu. Tidak heran kalau UNESCO menyertakan George Town dalam daftar Warisan Budaya atau World Heritage pada 2008 lalu.

Selama ini, Penang lebih dikenal sebagai tempat berobat karena, meskipun tidak kalah dengan kecanggihan rumah sakit di Singapura, tapi Penan memiliki harga jauh lebih murah. Selain itu, Penang juga populer dengan kelezatan kulinernya yang memiliki beragam citarasa, mulai dari Cina, Melayu, India sampai Thailand.

Setelah sampai di Penang International Airport di daerah Bayan Lepas, kamu bisa mencapai George Town setelah berkendara sekitar 20 hingga 30 menit dengan menggunakan taksi ataupun bus umum. Biasanya, harga tiket bus umum tidak lebih dari RM3 atau Rp9.500. Sementara, kalau kamu menggunakan jasa taksi resmi dari bandara, kamu harus merogoh kantong cukup dalam dan mengeluarkan ongkos sekitar RM44.50 atau Rp140.000.

Selama berada di George Town, kamu akan dipuaskan dengan pemandangan bangunan-bangunan cantiknya, entah itu bangunan bersejarah atau tempat ibadah. Nih, PegiPegi bagikan referensi kawasan dan bangunan-bangunan keren apa saja yang wajib kamu lihat di sana:

Beach Street

beach street3

Beach Street juga dikenal dengan nama Bank Street, karena di sinilah pusat kantor bank komersial dunia berada. Begitu melangkahkan kaki di jalan ini, mungkin kamu akan merasa berada di Eropa karena arsitektur bangunan-bangunannya memang sangat mirip dengan bagunan Eropa. Jadi, untuk kamu yang ingin liburan ke Eropa tapi belum kesampaian, jalan-jalan ke George Town bisa jadi opsi kedua.

Kapitan Keling Mosque

Ini  merupakan salah satu bangunan masjid yang berlokasi di Jalan Keharmonian dan dibangun sebagai tempat ibadah kaum Muslim India. Dikarenakan warna kulit penduduk sana yang gelap, mereka sering disebut kaum keling atau hitam. Selain arsitekturnya yang cantik, masjid ini juga merupakan bangunan bersejarah lho, karena Kapitan Keling Mosque adalah masjid tertua di Penang yang sudah berdiri sejak tahun 1800.

Lebuh Farquhar

Di sepanjang jalan ini kamu juga bisa melihat bangunan megah bergaya Eropa era kolonial seperti St George’s Church yang merupakan gereja Anglikan tertua di Malaysia, Cathederal of The Assumption yaitu gereja Katolik yang sudah berdiri sejak 1860, serta Court Building atau gedung Mahkamah Tinggi.

Padang Kota

penang-esplanade-Padang-Kota-Lama-grounds

Kamu tidak akan bisa menurunkan kamera kamu di sini karena banyaknya bangunan keren yang menghiasi Padang Kota seperti Clock Tower, City Hall dan Penang State Assembly Building.

Fort Cornwallis

Inilah benteng terbesar yang ada di Malaysia dan sudah berdiri sejak  1786. Benteng yang pembangunannya diinisiasi oleh Kapten Francis Light ini masih menyisakan beberapa benda dan bangunan peninggalan di masa lalu, termasuk kapel pertama di Malaysia. Fort Cornwallis dibuka setiap hari mulai pukul 8.30 pagi hingga 18.30. Untuk masuk ke benteng ini kamu harus membayar tiket seharga RM3.

Sri Mahariamman Temple

Ini merupakan candi Hindu tertua di Penang yang sudah berdiri sejak 1883. Candi ini memiliki menara setinggi 7 meter yang berisikan 38 patung cantik. Kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat ritual ibadah yang dilakukan pemeluk agama Hindu di sana. Tapi, ingat ya, dilarang memotret ritual ibadah karena dikhawatirkan mengganggu jalannya prosesi ibadah.

Pinang Peranakan Mansion

Bangunan yang terletak di daerah Little India ini mengusung arsitektur dan kebudayaan khas Cina peranakan yang populer di Malaysia di masa lampau. Dengan membayar RM10, kamu bisa melihat-lihat museum yang kerap disebut Baba-Nyonya ini dan mengagumi  lebih dari 1.000 perabotan dan barang-barang antik yang ada di sana.

Bukit Bendera atau Penang Hill

penang-hill

Pastikan kamu tidak melewatkan tempat yang satu ini. Di Penang Hill, kamu akan menaiki bukit setinggi 700 meter dari permukaan laut dengan menggunakan kereta yang menanjak dengan sudut 45 derajat sambil menikmati pemandangan spektakuler. Untuk mncapai puncak, kira-kira membutuhkan waktu 30 menit. Tarifnya sendiri lumayan terjangkau, yaitu RM30 atau sekitar Rp93.000.

Gurney Drive Hawker Centre

Nah, setelah puas mengelilingi George Town, kamu bisa mengunjungi Gurney Drive Hawker Centre untuk mengisi perut yang keroncongan.  Pusat jajanan yang tidak jauh dari pusat kota ini terletak di pinggi pantai dan menyediakan berbagai jenis makanan khas Penang yang terkenal itu. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan bus Rapid Penang nomor 103, 101 atau 304.

(Visited 1,025 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top