Destinasi

Menenangkan diri sejenak di Pulau Harapan

pulau harapan

Pulau Harapan. Nama sebuah pulau kecil di gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta ini memang mengandung kekuatan. Karena kata ‘harapan’ sendiri bermakna positif untuk membangkitkan semangat seseorang yang sudah tak berdaya atau putus asa. Entah siapa yang pertama kali menyematkan nama kharismatik untuk pulau kecil itu. Tapi yang jelas keindahan Pulau Harapan memang sebanding dengan namanya.

pulau harapan

www.pulau-harapan.com

Keindahan pemandangan bawah laut Pulau Harapan memang tidak ada duanya. Siapa yang menyangka jika ada surga bawah laut yang terletak dekat dengan Kota Jakarta. Kerjasama antara penduduk local dan pemerintah menjadikan Pulau Harapan sebagai destinasi wisata yang terjaga kelestariannya.

Seperti pulau-pulau yang berada di Kepulauan Seribu lainnya, Pulau Harapan dikelilingi hamparan air laut dengan berbagai gradasi warna biru yang indah. Letak Pulau Harapan yang berada paling ujung dari deretan gugusan Kepulauan Seribu membuat Pulau Harapan yang sunyi sangat cocok bagi travelers yang datang untuk menenangkan pikiran.

 

Kegiatan seru di Pulau Harapan

Satu hal yang membuat orang tertarik dengan Pulau Harapan adalah panorama bawah lautnya yang masih terjaga dengan baik. Oleh karena itu pemerintah bersama penduduk local berupaya untuk mengikutsertakan wisatawan agar turut menjaga ekosistem laut yang ada di Pulau Harapan. Salah satu caranya yaitu wisatawan diminta untuk membantu transplantasi terumbu karang dan juga wisatawan diajak untuk ikut andil dalam pelepasan penyu sisik ke laut lepas.

elang bondol

wisata-murah-pulau-seribu.blogspot.com

Selain berjemur, berenang atau menyelami birunya laut Pulau Harapan, kamu juga bisa datangi pusat penangkaran Elang Bondol yang terletak di Pulau Kotok yang tidak jauh dari Pulau Harapan. Disini Elang Bondol bebas terbang berkeliaran ke mana-mana dan diberi alat pelacak di kakinya supaya bisa ketahuan jika ada yang menangkapnya.

Dulu sebelum ada cottage, para pengunjung Pulau Harapan menginap di rumah-rumah penduduk. Menginap di rumah penduduk merupakan hal yang sangat digemari backpacker karena ini adalah salah satu trik untuk menghemat pengeluaran, sekaligus cara untuk berbaur dengan masyarakat setempat. Meski saat ini sebagian rumah penduduk telah berubah menjadi cottage, namun warga Pulau Harapan tak merubah sikap ramah tamah mereka dengan wisatawan.

 

Harga paket wisata dan akses ke Pulau Harapan

Paket wisata Pulau Harapan biasanya berdurasi 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam. Tarifnya berkisar antara Rp 700 ribu sampai Rp 900 ribu per orang. Saran pegipegi, jika kamu akan berkunjung ke Pulau Harapan lebih baik membawa teman yang banyak karena hal itu dapat membuat harga paket menjadi lebih murah bahkan bisa sampai Rp 300 ribu per orang. Tarif di atas sudah termasuk tiket kapal penyeberangan pulang-pergi Muara Angke – Pulau Harapan, sewa penginapan dengan fasilitas AC, gratis sewa perlengkapan snorkeling dan tour guide. Bahkan asyiknya, kamu nggak perlu bawa kamera underwater karena di sini juga sudah disediakan. Cukup bawa flash disk atau memory card saja buat mindahin foto-fotomu.

Kalau kamu tinggal di Jakarta, cara mendatangi Pulau Harapan adalah dengan naik busway transjakarta, turun di halte penjaringan kemudian naik angkot KWK B01 yang menuju Muara Angke. Perlu kamu ketahui bahwa kapal feri yang akan kamu naiki untuk menyeberang ke Pulau Harapan masih tradisional dan dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke Pulau Harapan. Tapi kalau kamu naik Speedboat dari Marina Ancol, jarak tempuhnya lebih singkat, yaitu 90 menit saja. Namun, tarifnya juga lebih mahal, travelers. Baik kapal ferry maupun speedboat ke Pulau Harapan sama-sama berangkat di jam 7 pagi. Ada baiknya jika kamu seorang yang mabuk laut, hindari untuk makan sebelum keberangkatan.

Wah, seru juga kan jalan-jalan ke Pulau Harapan? Kalo kamu mau habiskan liburan akhir tahunmu di sini, buruan pesan tiket pesawat ke Jakarta dan booking hotel murah tapi nyaman di Jakarta dan sekitarnya hanya di Pegipegi.com.

(Visited 899 times, 1 visits today)

Comments

To Top