Destinasi

Menemukan Ketenangan di Pantai Koka, Kabupaten Sikka, NTT

Keindahan pantai di Indonesia Timur nggak akan ada habisnya. Salah satu pantai di Nusa Tenggara Timur yang harus menjadi wish list kamu adalah Pantai Koka yang berada di Kabupaten Sikka. Suasana di sana mirip seperti private beach, sehingga kamu bisa merasakan ketenangan dan kedamaian. Tidak heran jika Pantai Koka disebut sebagai surga kecil di NTT.

Keindahan yang nggak ada habisnya

Air laut di Pantai Koka begitu jernih berwarna biru toska dengan pasir putih halus, juga bukit-bukit hijau yang cantik. Melihat pemandangan seperti itu, pastinya kamu nggak tahan ingin langsung bermain air di sana sambil menikmati ketenangan. Apalagi, pantai ini bisa dibilang belum terjamah oleh tangan banyak orang. Di sekitar Pantai Koka ada beberapa pulau dan batu yang konon cukup sakral. Salah satunya adalah batu karang besar warna hitam yang disebut Watu Kuda. Batu tersebut katanya merupakan jelmaan seekor kuda sakral.

Juga menyimpan kisah mistis

Kabarnya, di Pulau Koka bersemayam ular-ular laut lorang yang nggak berbisa. Padahal, ular laut loreng biasanya memiliki bisa yang mematikan. Menurut warga di sana, pamali jika ada warga yang membunuhnya. Sempat ada cerita zaman dulu, saat dua orang nelayan sedang menjala ikan di sana. Setelah jala diangkat, ternyata ada seekor ular terjerat jala. Kemudian ular itu dibunuh. Keesokan harusnya, salah satu nelayan meninggal dunia karena jatuh dari pohon kelapa dan nelayan lainnya menjadi gila.

Akses menuju Pantai Koka

Untuk menuju Pantai Koka, kamu bisa menempuh jalur penerbangan dari Jakarta menuju Kupang. Dari Kupang ada dua alternatif. Yang pertama, kamu bisa langsung ke Maumere lalu menyewa mobil menuju Pantai Koka dengan melakukan perjalanan sekitar dua jam.

Alternatif kedua adalah melakukan perjalanan dari Kupang menuju Ende. Lalu bisa menggunakan mobil ke Pantai Koka. Sebelumnya, kamu bisa melakukan eksplorasi di Kota Ende dengan berkunjung ke Desa Adat Wologai, Pemandian Air Panas di Detosuko, trekking ke Danau Kelimutu, baru menuju Pantai Koka. Untuk kembali ke Kupang, kamu bisa transit dulu di Maumere.

Untuk yang ingin liburan ke Pantai Koka, yuk, singgah dulu di Kota Kupang! Agar liburanmu terjangkau, ayo pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Kupang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke kupang  cari hotel murah di kupang

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 85 times, 1 visits today)

Comments

To Top