Destinasi

Menelusuri Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari, Yogyakarta

Yogyakarta adalah surganya wisata budaya dan sejarah. Selain bisa mengulik keindahan Candi Prambanan maupun Borobudur, kamu juga bisa main ke salah satu candi yang unik, Candi Sambisari.

Terletak di kawasa Purwomartani, Sleman, candi yang satu ini merupakan peninggalan peradaban Hindu Kuno. Dikelilingi rumput hijau yang luas, Candi Sambisari menawarkan pemandangan komplek candi yang indah.

Di sini, kamu bisa bercengkram bersama sahabat atau keluarga sambil duduk-duduk di pinggiran candi. Selain itu, letaknya yang cukup jauh dari keramaian membuat Candi Sambisari terasa damai dan sejuk.

Kompleks Candi Sambisari dikelilingi oleh dua lapis pagar. Halaman luar seluas 50 x 48 meter dikelilingi pagar batu rendah, sedangkan halaman dalam dikelilingi pagar batu setebal sekitar 50 cm dengan tinggi sekitar 2 meter. Di masing-masing sisi terdapat pintu masuk tanpa gapura atau hiasan lain.

Nah, yang bikin menarik adalah pada masing-masing sisi dinding luar tubuh candi terdapat relung berisi arca. Dalam relung di dinding selatan terdapat Arca Agastya atau Syiwa Mahaguru, di dinding timur terdapat Arca Ganesha, dan di dinding utara terdapat Arca Durga Mahisasuramardini.

Syiwa yang digambarkan sebagai sosok pria bertangan dua dan berjenggot sedang berdiri di atas padma. Di sebelah kanannya terdapat sebuah trisula, tombak bermata tiga yang merupakan senjata Syiwa. Arca ini mirip dengan Arca Syiwa Mahaguru yang terdapat di relung selatan Candi Syiwa di Kompleks Candi Prambanan, hanya saja tubuhnya lebih ramping.

Ada banyak banget kisah yang bisa dikulik saat kamu bermain ke Candi Sambisari. Salah satunya soal kehidupan Kerajaan Mataram Hindu di bawah tangan Rakai Garung yang menjadi raja dari Wangsa Syailendra. Tertarik main ke sini?

Foto oleh: Pesona Travel

Sekalian liburan ke Yogyakarta! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top