Destinasi

Menelusuri Mosaik Islam di Masjid Muhammad Cheng Ho, Batam

Sebagai negara multikultural, Indonesia memiliki banyak sekali tempat ibadah dengan corak budaya yang beragam. Salah satu buktinya bisa kamu temukan di Pulau Batam, Masjid Muhammad Cheng Ho.

Terletak di kawasan Golden Prawn, Bengkong, Masjid Muhammad Cheng Ho adalah spot wisata yang cukup menarik. Pasalnya, masjid ini merupakan replika dari bangunan serupa yang ada di kota Surabaya, Masjid Laksamana Cheng Ho.

Dibangun untuk mengenang Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah di masa lampau yang tidak bisa dipisahkan dari Islam dan Nusantara, masjid ini dibangun di atas tanah seluas 40×40. Dibalut dengan ornamen khas negeri Tiongkok, masjid ini memiliki atap yang tersusun tiga lapis mirip pagoda.

Terdapat juga relief naga dan patung singa dari lilin, lalu ada lafaz Allah dalam huruf Arab yang terletak di puncak pagoda. Tidak seperti masjid pada umumnya yang didominasi warna putih atau emas, Masjid Cheng Ho justru berisi perpaduan warna merah, kuning, biru dan hijau.

Dengan daya tampung kurang lebih 200 orang, Masjid Muhammad Cheng Ho memiliki chandelier yang menggantung cantik di dekat mimbar. Lampu ini sangat berguna untuk menerangi segala kegiatan keagamaan yang ada di Masjid Muhammad Cheng Ho.

Keberadaan Masjid Muhammad Cheng Ho ternyata juga dilengkapi dengan replika kapal Laksamana Cheng Ho, lho. Kamu bisa berkeliling menaiki kapal ini sambil membayangkan betapa gagahnya sang legenda kala mengarungi laut Indonesia di zaman dulu.

Pengin liburan ke sini? Bisa banget! Yuk, pesan tiket pesawat ke Batam dan cari hotel murah di Batam lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Batam cari hotel murah di Batam

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top