Destinasi

Menelusuri Misteri Sungai Kapuas di Pontianak

Kota Pontianak sangat identik dengan Sungai Kapuas-nya. Maklum, sungai yang satu ini adalah alasan terbentuknya ibukota dari Kalimantan Barat ini.

Sungai Kapuas adalah rumah bagi lebih dar 700 jenis ikan. Dengan panjang 1,443 kilometer dengan hulu yang berada di Kabupaten Melawi, terdapat ada 12 jenis ikan yang sangat langka, berkembang biak di sungai ini.

Nggak cuma jadi pusat pencaharian ikan di Pontianak, Sungai Kapuas juga berfungsi sebagai wisata air yang menarik, lho. Kamu bisa menikmati pemandangan Sungai Kapuas dengan cara menyusuri dengan kapal wisata. Tepatnya di Taman Alun Kapuas, kamu bisa menaiki kapal ini mulai dari pagi hingga malam hari.

Sunset di Sungai Kapuas termasuk yang cantik dibandingkan kota-kota Kalimantan lainnya. Sinar redup matahari yang tenggelam dipantulkan secara apik oleh air sungai yang mengalir deras di bawahnya.

Tapi tahu nggak kalau ada banyak kisah mistis yang memayungi Sungai Kapuas? Beberapa di antaranya merupakan kisah yang cukup melegenda, lho.

Soal Pancur Aji

Dari banyak misteri di Sungai Kapuas, mungkin kisah Pancur Aji adalah yang paling menarik. Berada di tikungan Sungai Kapuas, Pancur Aji merupakan air terjun gaib yang memiliki tujuh tingkat.

Lantaran sangat tinggi, nggak ada yang mampu menaklukkan air terjun tersebut. Lantaran, ntuk mencapai puncak dari air terjun tersebut adalah hal yang mustahil.

Banyak yang mengira, air terjun tersebut merupakan kediaman bagi mahluk yang menyerupai ular panjang. Sekali ia mengibaskan tubuh, gelombang misterius bakal tercipta dan menyapu apa saja yang dilewati.

Selain Pancur Aji, ada juga misteri soal kuntilanak yang menghantui seorang pemuda bernama Syarif Abdurahman. Mahluk halus tersebut diceritakan kerap mengganggu Syarif yang kala itu tengah menyiarkan Islam di Batu Layang.

Tertarik buat menyusuri misteri Sungai Kapuas? Sekalian liburan di Pontianak. Yuk, cari hotel murah di Manado lewat Pegipegi.

cari hotel murah lain di Pontianak

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top