Destinasi

Menelusuri Keunikan Jam Gadang, Ikon Kota Bukittinggi yang Kokoh

Kota Bukittinggi sangat akrab Jam Gadang-nya. Selain menjadi ikon kota ini, Jam Gadang juga menyimpan banyak sekali sejarah, terutama perjalaanan Provinsi Sumatera Barat dari zaman penjajahan Belanda.

Berlokasi di Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang, monumen ini terlihat kokoh. Padahal, saat pertama kali dibangun pada 1925, Jam Gadang nggak menggunakan besi penyangga dan campuran semen.

Sang arsitektur dan para pekerja hanya menggunakan campuran pasir putih, kapur dan putih telur sebagai perekatnya. Menariknya, pendekatan arsitektur ini juga hadir dibangunan tua lainnya yang masih kokoh berdiri, seperti Colloseum di Roma, Masjid Raya Sultan di Riau, hingga Candi Borobudur di Yogyakarta.

Dengan luas 13×4 meter dan tinggi 26 meter, Jam Gadang menjadi rumah bagi empat jam dengan diameter 80 cm. Nah, mesin yang digunakan untuk menggerakkan putaran jam didatangkan langsung dari Jerman dan hanya ada dua di dunia, satu lagi ada di Big Ben, London.

Nah, yang bikin Jam Gadang unik adalah penulisan angkanya dalam format Romawi yang nggak biasa. Seperti angka empat yang tertulis IIII bukan IV.

Ada berbagai alasan yang muncul, berdasarkan cerita masyarakat di Bukittinggi. Ada yang bilang penulisan IV merujuk kepada “I Victory” yang memiliki arti “Aku menang” dihindari karena ditakutkan oleh Belanda akan memicu semangat rakyat untuk merdeka.

Tetapi, ada juga yang menyebut angka empat dalam format IIII merujuk jumlah korban tewas saat pembangunan Jam Gadang. Meski demikian, Jam Gadang tetap terlihat menawan dan cantik tanpa harus melihat latar belakangnya.

Nah, buat naik ke puncak Jam Gadang, ada aturan yang perlu ditaati oleh pengunjung. Bagi perempuan yang sedang berhalangan di larang naik ke puncak Jam begitu juga dengan laki-laki, jika laki-laki itu minum minuman yang beralkohol juga dilarang keras naik.

Mau liburan hemat ke Bukittinggi? Bisa banget! Yuk, segera rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawat, dan hotel murah Bukittinggi di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke Bukittinggi cari hotel murah  di Bukittinggi

Foto Ilustrasi: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top