Destinasi

Menelusuri Keindahan Danau Terdalam di Asia Tenggara, Danau Matano

Pesona Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan memang tiaada duanya. Selain dikenal memiliki Pulau Bulupoloe dan Danau Towuti, Luwu Timur juga hadir dengan Danau Matano yang memesona.

Tepatnya terletak di Sorowako, Kecamatan Nuha, Danau Matano siap bikin kamu jatuh cinta dengan alamnya. Dengan luas mencapai 164,1 kilometer persegi, Danau Matano diklaim menjadi danau terdalam di Indonesia dan Asia Tenggara.

Jika Danau Toba hanya memiliki kedalaman Dengan kedalaman mencapai 505 meter, Danau Matano jauh lebih ekstrem, 590 meter. Jika diurutkan, Danau Matano pun menjadi danau ke-12 terdalam di dunia, lho!

Sehingga, biota bawah airnya pun lebih bervariasi ketimbang danau di Sumatera Utara tersebut. Muladai dari kepiting bungka, udang, siput, keong air tawar hingga ikan purba buttini yang konon hanya ada di danau ini, lho.

Berstatus danau tektonik, danau ini punya satu hal menarik lagi, soal letaknya yang lebih rendah ketimbang permukaan laut. Hanya ada Laut Mati di Timur Tengah yang bisa menandingi fenomena langka dari Danau Matano ini.

Soal panorama, nggak perlu diragukan lagi. Dengan menggunakan perahu tradisional, katinting, kamu bisa berkeliling menikmati lanskap alam berupa pegunungan dan tebing batu seluas 16.000 hektar.

Jika beruntung, kamu bisa melihat sunset cantik yang tenggelam di antara bukit-bukit tinggi sekitar Danau Matano. Momen menarik ini bakal dibarengi dengan keluarnya banyak kelelawar dari Gua Tengkorak yang cukup menyeramkan.

Jadi, serunya dapat, mistisnya juga dapat. Tertarik berkunjung ke Danau Matano?

Sekalian liburan di Makassar. Yuk, pesan tiket pesawat, dan cari hotel murah di Makassar lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top