Destinasi

Menelusuri Jejak Sriwijaya di Candi Muarojambi, Jambi

Kamu pasti mengira Candi Borobudur adalah kompleks candi terluas di dunia. Well, kalau demikian, kayaknya kamu harus jalan-jalan ke Candi Muarojambi, deh!

Hadir di tengah-tengah Provinsi Jambi, Candi Muarojambi memiliki luas 12 kilometer persegi! Nggak heran jika UNESCO menobatkan Candi Muarojambi sebagai kompleks candi terluas di Asia Tenggara.

Banyak keindahan dan keunikan yang tersimpan di Candi Muarojambi. Sekali mengijak gerbang masuk, kamu bakal disambut oleh sekitar 80 reruntuhan candi dan sisa-sisa permukiman kuno Budha dari abad IX-XV.

Kesan etnik cukup terasa saat menelusuri satu demi satu sudut kompleks Candi Muarojambi. Di sinilah, pengembangan Buddha di masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya berpusat ratusan tahun silam.

Hanya 30 menit dari kota Jambi, Candi Muarojambi berada di tepi Sungai Batanghari. Jadi, akses menuju ke kompleks candi sendiri dapat ditempuh baik melalui jalan darat atau jalur air.

Persia, Tiongkok, dan India

Pertama kali ditemukan oleh letnan Inggris bernama S.C. Crooke pada 1824, Candi Muarajambi masih menyimpan banyak misteri. Beberapa bagian yang terkubur belum tergali dengan sempurna.

Baru pada 1975, Pemerintah Indonesia melakukan pemugaran besar-besar di seluruh sudut kompleks candi. Alhasil, ada enam candi yang dapat dihadirkan, seperti Candi Vando Astano, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Kembar Batu, Candi Gedong 1, Candi Gedong 2.

Nggak cuma itu, hasil pemugaran sukses memunculkan kolam Talaga Rajo yang cukup sakral pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Dengan biaya pemugaran mencapai Rp 12 triliyun, Candi Muarojambi hadir sebagai destinasi kebudayaan terbaik di Jambi.

Nah, yang bikin menarik dari Candi Muarojambi adalah soal toleransi kebudayaan yang erat. Meski statusnya candi Buddha, Muarojambil ternyata merupakan lokasi pertemuan berbagai kebudayaan di Indonesia.

Dari corak dinding, para arkeolog menyimpulkan kebudayaan Persia, China dan India bertemu di candi ini. Agama Buddha Mahayana Tantrayana diduga menjadi agama mayoritas dengan ditemukannya lempeng-lempeng bertuliskan “wajra” pada beberapa candi yang membentuk mandala.

So, buat kamu yang ingin membedah lebih dalam soal sejarah dan kebudayaan Kerajaan Sriwijaya, Candi Muarojambi adalah spot yang cocok!

Foto: Shutterstock

Jika kamu berencana ke Jambi ya! Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Jambi lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Jambi cari hotel murah di Jambi

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 109 times, 1 visits today)

Comments

To Top