Destinasi

Menelusuri Jejak Sejarah Perang Dunia II di Ereveld Ancol, Jakarta

Mau ajak sahabat wisata anti mainstream di sekitar Jakarta? Ajak aja ke kawasan Ancol, yuk! Di sana, ada sebuah tempat yang cukup unik dan menarik untuk dikulik, Ereveld Ancol.

Berada di dalam komplek Taman Impian Jaya Ancol, Ereveld Ancol adalah sebuah taman makam kehormatan Belanda. Letaknya sendiri bisa kamu temukan di dekat Bende Raksasa Ancol yang cukup tersembunyi.

Didirikan pada 1946 silam, Ereveld Ancol menjadi salah satu dari tujuh Makam Belanda yang ada di Indonesia. Salah satunya lagi berada di kawasan Menteng Pulo yang dikeliling gedung-gedung bertingkat.

Ada sekitar 2,000 korban Perang Dunia II yang dimakamkan. Beberapa di antaranya merupakan tentara negara persemakmuran Belanda hingga rakya sipil asal Indonesia yang meninggal pada masa penjajaahan Jepang.

Nah, yang unik dari Ereveld Ancol adalah keberadaan pohon Alianths Excelsa atau yang dikenal dengan sebutan pohon surga. Konon katanya, pohon ini menjadi lokasi penyiksaan para tawanan Belanda oleh tentara Jepang pada saat itu.

Untuk mengenang, pohon yang ternyata punya sebutan Hemelboom ini memiliki sebuah petikan puisi karya Laurence Benyon berjudul For The Fallen. Isi puisi tersebut memiliki makna yang sangat dalam, terutama bagi para keluarga korban yang ditinggalkan.

Kamu dapat belajar mengenai makna indahnya perbedaan dengan hadirnya beragam nisan yang menjadi penanda makam. Terbuat dari kayu jati, terdapat nisan untuk korban pria Kristen, wanita Kristen, Muslim, Buddha, dan Yahudi yang ada di Ereveld Ancol.

Yang jelas, Ereveld Ancol bisa jadi tempat wisata yang cocok buat kamu berburu suasana baru. Atau sekedar mengabadikan bangunan maupun spot bersejarah dari era Perang Dunia II. Tertarik main ke sini?

Sekalian liburan ke Jakarta! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Ancol, Jakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top