Destinasi

Menelusuri Jejak Kesultanan Cirebon di Taman Sari Goa Sunyaragi

Lagi cari destinasi wisata liburan sarat sejarah di Cirebon? Taman Sari Goa Sunyaragi bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu dan orang terdekat.

Terletak di kawasan Kesambi, Taman Sari Gua Sunyaragi adalah sebuah situs peninggalan Kesultanan Cirebon. Masih menjadi bagian dari Keraton Pakungwati, Taman Sari Goa Sunyaragi siap memanjakan kamu dengan berbagai goa menarik.

Ada Goa Peteng, Goa Pawon, Goa Pengawal, Goa Jumut, Goa Langse, Goa, Arga Junub, Goa Pandekemasang, Goa Kelanggengan yang bisa kamu jelajahi. Di sekitarnya, terdapat taman yang dihiasi pepohonan rindang nan sejuk.

Taman Sari Goa Sunyaragi dibangun sebagai simbol keabadian bagi Kesultanan Cirebon. Pangeran Kararangen yang merupakan cucu dari Sunan Gunung Jati dipercaya sebagai inisiator pembangunan kompleks goa ini pada 1703 lalu.

Dengan luas 1,5 hektar, Taman Sari Goa Sunyaragi memiliki dua bagian, pesanggrahan dan goa. Nah, yang bikin menarik adalah hadirnya fasilitas seperti kamar tidur, serambi, ruang rias hingga ruang ibadah tempo dulu yang biasa digunakan oleh keluarga kesultanan.

Sedangkan masing-masing goa di sini memiliki fungsi berbeda. Ada tempat pembuatan senjata, tempat singgah pengawal sultan, tempat semedi hingga tempat sang sultan memberikan wejangan kepada bawahannya atau rakyat yang main ke kawasan Kesultanan Cirebon.

Layaknya tempat bersejarah lainnya, Taman Sari Goa Sunyaragi memiliki banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat. Salah satunya soal mendapatkan jodoh jika kamu berjalan masuk ke dalam Goa Kelanggengan.

Buka setiap hari mulai pukul 08.00, kamu bisa main ke Taman Sari Goa Sunyaragi dengan bujet yang cukup terjangkau, Rp10 ribu saja.

Tertarik main ke sini? Sekalian liburan ke Cirebon! Jangan lupa pesan  tiket kereta api murah ke Cirebon Pegipegi, ya! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Cirebon, ya!

pesan tiket pesawat murah ke Cirebon  pesan tiket kereta api murah ke Cirebon  cari hotel murah lain di Cirebon

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top