Kuliner

Mencicipi Kesegaran dan Kelezatan Nasi Trancam khas Klaten

Lagi mau cari menu makan siang yang lezat dan juga sehat? Tenang, karena selain punya gado-gado atau nasi pecel, Indonesia juga punya nasi trancam yang nggak kalah enaknya.

Juga disebut sebagai salad-nya orang Indonesia, nasi trancam memang menyerupai hidangan urap yang bisa kamu temui di daerah Jawa Timur. Namun yang bikin beda adalah semua sayuran disajikan tanpa direbus terlebih dahulu.

Proses penyajiannya sendiri mirip banget dengan hidangan salad tradisional lainnya, karedok. Namun, trancam juga memiliki pembeda pada bumbu yang disajikan, nggak menggunakan bumbu kacang.

Disajikan nikmat dengan nasi putih hangat, kamu bisa menikmati beragam sayuran segar dalam satu porsi trancam. Mulai dari kacang panjang, daun kemangi, ketimun, kecambah, kol, petai cina yang dipadukan dengan kelapa parut sebagai pengikat rasanya.

Berasal dari Jawa Tengah, tepatnya di sekitar kawasan Klaten, Jawa Tengah, nasi trancam banyak dijajakan berdampingan dengan ayam goreng dan berbagai jeroan ayam maupun sapi yang gurih. Tetapi, kamu juga bisa menikmati nasi trancam dengan teman yang lebih sederhana seperti tahu atau tempe goreng.

Nah, jika kamu lagi main ke Solo, coba arahkan kendaraan ke kawasan Klaten, deh. Di sana ada RM Bu Mayar Cawas yang dikenal sebagai produsen nasi trancam legendaris.

Menunya pun beragam. Kamu bisa menikmati nasi trancam dengan sepotong ayam bakar atau goreng, pecel leles, hingga sayur krecek yang pedas dan gurih. Tertarik mencoba?

Pengin main ke Klaten? Yuk, cari tiket kereta api, dan cari hotel murah di Klaten lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top