Tips

Mencegah dan Mengatasi Kram Kaki Ketika Berenang

berenang

Kram adalah pengerutan pada otot yang muncul secara tiba-tiba dan menimbulkan nyeri. Kram bisa muncul selama beberapa detik, menit, atau jam tergantung dari kontraksinya. Kram pada otot kaki juga kerap terjadi ketika kita berenang. Tapi, bukan berarti kamu jadi nggak berani berenang karena takut kram. Apalagi, berenang banyak manfaatnya, yaitu bisa menyehatkan tubuh, menurunkan berat badan, juga bikin tubuh bebas dari stres.

Jadi, ketika kamu traveling, jangan sampai kamu skip berenang, ya! Soalnya, pegipegi punya tips untuk mencegah dan mengatasi kram kaki ketika berenang. Yuk, perhatikan tipsnya!

Mencegah kram kaki

Meskipun selama ini kamu baik-baik aja ketika berenang, tapi lebih baik mencegah agar kamu tidak mengalami kram kaki saat berenang, kan? Cara mencegahnya adalah sebagai berikut:

1. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

Sebelum berenang, jangan lupa untuk minum air secukupnya supaya tubuh kamu tetap terhidrasi. Kamu juga boleh minum air yang mengandung elektrolit karena bahan tersebut dipercaya bisa mencegah kram sekaligus menjaga kebugaran tubuh.

2. Lakukan stretching (peregangan)

strecthing

foto oleh: Swimming.org

Sama seperti olahraga lain. Sebelum berenang, kamu juga perlu melakukan peregangan agar fleksibilitas otot terjaga sekaligus tidak kaget saat berada di dalam air. Setelah berenang pun, kamu juga harus kembali melakukan peregangan. Peregangan simpel yang bisa kamu lakukan adalah berdiri dengan satu kaki dan kaki lainnya diangkat ke dinding lalu tubuh ditekuk hingga menyentuh lutut. Kamu juga bisa melipat kaki ke belakang tubuh lalu sesekali melompat atau melakukan squat. 

Mengatasi kram kaki

Bisa aja suatu saat kita lupa minum air yang cukup atau lupa melakukan peregangan sebelum berenang. Sehingga, kita malah mengalami kram kaki ketika berenang. Nah, kalau sudah terjadi, kamu harus mengatasinya dengan cara-cara berikut ini.

1. Jangan panik!

berenang

foto dari: suara.com

Dengan bersikap tenang, bisa membantu kamu untuk mengembalikan keseimbangan tubuh ketika berada di dalam air. Selain itu, jangan lupa untuk menghirup napas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan-lahan. Hal itu akan mempermudah kamu untuk keluar dari kolam.

2. Lakukan pemijatan

kram-kaki

foto dari: DBagus.com

Setelah keluar dari kolam renang, pijatlah otot kaki yang kram agar elastisitas otot kembali seperti semula. Lakukan pijat hingga rasa nyerinya hilang.

3. Lakukan peregangan

Posisi peregangan pertama yang bisa dilakukan adalah menekuk lutut kamu ke arah dada. Lalu tarik telapak kaki dan jari kaki ke arah belakang, ke arah punggung dengan hati-hati. Posisi ini bisa membantu kamu untuk mengatasi kram pada otot paha belakang dan otot betis. Posisi peregangan kedua yang bisa kamu lakukan adalah menekuk paha ke belakang, tarik jari kaki dan punggung ke arah telapak kaki dan jangan lupa tekuk lututmu. Posisi ini bisa mengatasi kram pada otot paha bagian depan dan otot punggung kaki.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Nggak bingung lagi kan untuk mencegah dan mengatasi kram kaki ketika berenang? pegipegi juga punya tips untuk menekan bujet traveling, lho! Soalnya, pegipegi punya tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah! Yuk, pesan sekarang juga!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 123 times, 1 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top