Tips

Memilih Hostel Yang Tepat

hostel location

 

hostel

foto : interiordesign2014.com

Seiring dengan menjamurnya tren traveling, bisnis hostel pun semakin berkembang. Hostel memang menjadi favorit di kalangan traveler, karena bujet yang dibutuhkan tentunya tidak sebesar kalau kamu menginap di hotel.

Tapi, jangan salah lho, dalam memilih hostel ada beberapa hal yang harus masuk dalam pertimbangan kamu supaya liburan yang sudah susah-payah direncanakan tidak menjadi berantakan hanya karena menginap di hostel yang tidak nyaman. Yuk disimak beberapa tips yang dirangkum PegiPegi dari berbagai sumber:
Murah tidak selalu lebih baik

Memang, sebagai budget traveler, kita cenderung memilih penginapan paling murah yang ada di destinasi wisata. Tapi, jangan hanya karena ingin menghemat beberapa puluh ribu rupiah tubuh dan kesehatan kamu malah jadi ‘korban’. Kalau hostel yang kamu pilih mendapat review jelek dari sesama traveler karena sanitasi yang buruk, tidak ada salahnya kamu menambah sedikit bujet demi mendapat hostel yang bersih dan nyaman.

Lokasi, lokasi, lokasi

Ini adalah faktor penting dalam memilih penginapan, apalagi berjenis hostel. Kamu harus pastikan hostel berada di daerah yang aman, di mana kamu bisa merasa aman meski berjalan kaki sendirian di malam hari. Selain itu, lebih baik hostel berada tidak jauh dari pusat wisata supaya kamu bisa menghemat biaya transportasi.

Sarapan: sepele tapi penting

breakfast

Beberapa hostel hanya menyediakan roti bakar dan kopi untuk sarapan. Kalau kamu terbiasa menyantap menu ‘berat’ untuk sarapan, lebih baik kamu mencari hostel yang bisa menyediakan menu sarapan yang mengenyangkan. Usahakan juga supaya waktu sarapan dimulai agak siang, seperti jam 7.30 atau 8.00, jadi kamu bisa memangkas ongkos untuk snack karena perut kamu sudah penuh.

Loker

Karena kamu harus berbagi kamar dengan banyak traveler dari berbagai daerah dan negara, pastikan hostel yang kamu pilih menyediakan fasilitas loker untuk meletakkan barang-barang kamu. Apalagi kalau kamu membawa banyak gadget seperti kamera, laptop atau smartphone, fasilitas ini sangat penting dalam perjalanan kamu.

Waktu check out yang ‘pengertian’

Jangan pernah memilih hostel yang menetapkan waktu check out sebelum pukul 10 pagi. Kalau kamu melakukan budget travel, waktu untuk tidur tentunya sangat berharga karena sulit untuk mendapatkannya di perjalanan. Banyak kok hostel yang menetapkan waktu check out hingga pukul 11 pagi.

Internet

internet

Di era informasi dan komunikasi seperti sekarang, hostel yang bagus sudah sepatutnya dilengkapi fasilitas Wi-Fi, atau setidaknya beberapa perangkat komputer supaya tamu bisa memberi kabar kepada keluarga atau mencari informasi seputar destinasi wisatanya.

Ruang santai

Traveling berarti bertemu orang-orang baru yang menarik dan bisa diajak bertukar pikiran. Hostel yang bagus biasanya menyediakan ruang santai yang nyaman di mana kamu bisa bertemu dengan traveler lain dan saling berbagi pengalaman. Kalau kamu melakukan perjalanan seorang diri, fasilitas ini sangat  penting supaya kamu bisa lebih mudah bertemu orang baru.

Nah, sudah siap untuk mencari hostel? Untuk penginapan murah meriah lainnya, PegiPegi sedang ada promo diskon hingga 80% lho. Jangan sampai ketinggalan, travelers!

school_holday

 

(Visited 180 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top