Tips

Memilih Gadget Yang Tepat Untuk Travelling

Bisa membayangkan kalau kamu tiba-tiba tidak membawa smartphone dalam aktivitas kamu? Rasanya seperti ada yang kurang ya? Memang, teknologi sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Apalagi, ukuran gadget yang semakin kecil membuat perlengkapan ini semakin mudah dimasukan dalam tas atau koper.

Kalau kamu punya rencana untuk bepergian dalam waktu yang cukup lama, atau kamu harus bepergian untuk melakukan pekerjaan, gadget adalah hal penting yang harus diperhatikan saat persiapan keberangkatan. Memilih gadget yang harus dibawa atau ditinggal memang sulit. Mungkin kamu dibayangi rasa cemas, “Bagaimana kalau saya membutuhkan gadget itu nanti?”.

Nah, travelers, kali ini PegiPegi.com merangkum tips untuk kamu memilih gadget yang tepat dalam perjalanan wisata ataupun bisnis. Semoga bermanfaat ya!

Laptop

ultrabook

Laptop menjadi perlengkapan krusial kalau kamu memang bepergian untuk bisnis atau pekerjaan. Supaya perjalanan kamu tidak terganggu karena harus menenteng laptop raksasa, kamu bisa pertimbangkan untuk melakukan investasi dan membeli laptop tipis dan ringan seperti ultrabook atau Macbook Air. Cukup berat di kantong memang, tapi kalau kamu sering menghabiskan waktu di perjalanan, investasi ini akan sangat bermanfaat lho! Kecuali kamu rela badan kamu pegal-pegal karena harus membawa laptop super berat dan merepotkan.

Ukuran laptop juga sebaiknya tidak usah terlalu besar. Usahakan ukuran laptop kamu tidak lebih dari layar 13 inci dan bobot 1 kilogram. Jangan lupa, kamu kan masih harus mengepak charger laptop yang lumayan berat. Oya, pastikan juga laptop kamu tidak mudah lecet atau rusak karena terbentur dengan travel bag kamu, jadi pilihlah bahan laptop yang kuat.

Tablet

tablets

Kalau kamu tidak melakukan perjalanan bisnis dan hanya ingin terhubung dengan ‘dunia luar’, tablet adalah pilihan yang lebih baik daripada laptop. Selain ukuran yang lebih kecil dan ringan, tablet juga lebih murah dan punya daya tahan baterai lebih lama dibandingkan laptop. Apakah kamu menggunakan tablet untuk keperluan dasar (browsing, email, social media) atau melakukan pekerjaan ringan (menulis, mengedit video, dll), pastikan tablet yang kamu bawa memiliki storage besar untuk menyimpan semua data kamu.

Ponsel dan Aplikasinya

Vacay-1

Kalau kamu berniat mengunjungi banyak negara, ada baiknya kamu membawa ponsel dengan versi unlocked, jadi kamu bisa menggunakan SIM card masing-masing negara yang kamu datangi. Menggunakan SIM card lokal bisa menghemat pengeluaran komunikasi kamu lho, dibandingkan menggunakan international rate dari kartu yang kamu pakai.

Ada banyak aplikasi yang berguna untuk traveler. Tapi inilah beberapa travel apps  yang bisa membantu perjalanan kamu:

  1. Google Maps, supaya kamu tidak tersesat saat mendatangi kota atau negara yang benar-benar asing
  2. TripIt, yaitu manajemen perjalanan yang bisa membantu kamu untuk mendapat info seperti angka-angka konfirmasi penerbangan, konfirmasi hotel, dan lainnya. Aplikasi ini tersedia di Android, Blackberry dan iPhone
  3. Skype, supaya kamu bisa terus terhubung dengan keluarga dan orang-orang tercinta dan menghubungi mereka berjam-jam tanpa harus takut dibebani tagihan telepon yang membengkak
  4. Google Translate, sangat berguna saat kamu kesulitan memahami bahasa di negara tertentu

Lain-Lain

universal-adaptor-2

Perlengkapan penting lain yang tidak boleh lupa kamu bawa saat bepergian adalah: universal travel adaptor dan multiple socket. Adaptor universal adalah perlengkapan yang wajib dibawa kalau kamu bepergian ke luar negeri, karena biasanya mereka memiliki jenis stop kontak berbeda dari yang kita gunakan di Indonesia. Sementara, multiple socket bisa jadi solusi kalau kamu mendapat kamar yang hanya menyediakan 1 stop kontak, padahal kamu punya satu kantong penuh gadget yang harus di-charge.

 

(Visited 478 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top