Destinasi

Membuat rencana perjalanan ke Kepulauan Karimunjawa

karimunjawa

Konon, Kepulauan Karimunjawa yang ada di lepas pantai Kabupaten Jepara Jawa Tengah pertama kali ‘ditemukan’ oleh Sunan Muria, seorang tokoh penyebar agama Islam di Jawa Tengah. Suatu hari, Sunan Muria sedang bersusah hati akibat kenakalan putranya yang bernama Amir Hasan. Ketika itu dilihatnya sebuah gugusan kepulauan yang tampak kremun-kremun (kabur) dari puncak Gunung Muria. Disuruhnya Amir Hasan pergi ke kepulauan kremun-kremun itu untuk belajar ilmu agama dan memperbaiki tingkah lakunya. Kepulauan kremun-kremun itu kemudian disebut dengan Kepulauan Karimun, dan dari situlah nama Karimunjawa berasal.

Saat ini Kepulauan Karimunjawa terkenal dengan panorama baharinya yang sangat elok dan terjaga kelestariannya, pantai-pantai berpasir putih yang tersebar di beberapa titik dan keunikan budaya masyarakat setempat. Kalo kamu telah mencantumkan Kepulauan Karimunjawa dalam daftar tempat yang harus kamu kunjungi dalam waktu dekat, ada baiknya kamu simak dulu artikel Pegipegi berikut ini.

Menuju Kepulauan Karimunjawa

Ada dua jalur yang bisa kamu ambil untuk sampai ke Kepulauan Karimunjawa, travelers. Pertama, kamu pergi ke Kepulauan Karimunjawa lewat kota Semarang. Untuk melalui jalur ini kamu bisa naik bus dari kota asalmu menuju Semarang dan turun di Pelabuhan Tanjung Mas. Dari Pelabuhan Tanjung Mas kamu tinggal menyeberang ke Kepulauan Karimunjawa menggunakan kapal cepat KMC Kartini. Kapal cepat KMC Kartini berangkat ke Karimunjawa setiap hari Sabtu jam 9.00 pagi dan hari Senin jam 7.00 pagi. Sedangkan jam keberangkatan KMC Kartini dari Karimunjawa adalah setiap hari Minggu jam 14.00 dan hari Selasa jam 11.00. Dengan tiket seharga Rp 131 ribu per orang untuk kelas VIP dan Rp 111 ribu per orang untuk kelas bisnis, kamu bisa menikmati perjalanan menyeberang Laut Jawa selama 3 setengah jam sebelum sampai di Kepulauan Karimunjawa.Sedangkan alternatif kedua adalah lewat jalur Jepara.

Untuk sampai ke Jepara kamu bisa naik bus dari Semarang dengan membayar tiket sebesar Rp 6 ribu per orang. Sampai di Jepara kamu bisa naik becak untuk diantar ke Pelabuhan Kartini. Di pelabuhan ada beberapa kapal yang bisa kamu pilih untuk menyeberang ke Karimunjawa, yaitu kapal cepat KMC Kartini, kapal cepat Ekspress Bahari dan ada juga kapal feri KMP Muria. Harga tiket kapal cepat Jepara-Karimunjawa adalah Rp 83 ribu per orang untuk kelas VIP dan Rp 63 ribu per orang untuk kelas bisnis. Kalo kamu ingin mendapatkan pengalaman gimana rasanya naik kapal feri, coba aja naik kapal feri KMP Muria yang berangkat setiap 2 hari sekali, travelers. Tiketnya lebih murah sih, hanya sekitar Rp 30 ribu per orang untuk kelas ekonomi dan Rp 50 ribu per orang untuk kelas VIP dengan jarak tempuh selama 6 jam sebelum sampai di Karimunjawa. Biar nggak bosan kamu bisa jalan-jalan mengelilingi kapal sambil membayangkan lagi naik kapal Titanic.

O ya, jadwal keberangkatan di atas bisa berubah-ubah, travelers. Kapal bisa saja menunda keberangkatan atau malah tidak berangkat sama sekali jika cuaca tidak memungkinkan. Maka kami sarankan supaya kamu menghubungi Dinas Perhubungan setempat sebelum hari keberangkatan apakah ada kapal yang akan berangkat pada hari itu atau tidak. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Kepulauan Karimunjawa adalah bulan Maret sampai bulan Juni. Di luar bulan-bulan itu cuaca di Laut Jawa sering berubah-ubah dan penundaan keberangkatan akan lebih sering terjadi.

 

Berlabuh di Kepulauan Karimunjawa

Sesampainya di Kepulauan Karimunjawa sebaiknya kamu cari penginapan dulu supaya bisa beristirahat sebentar sebelum melanjutkan petualangan. Ada banyak hotel dan penginapan yang tersebar di beberapa tempat dengan tarif antara Rp 60 ribu sampai Rp 150 ribu per malam. Atau kalo mau lebih murah kamu bisa menginap di rumah penduduk setempat yang menyewakan kamar atau rumahnya menjadi semacam penginapan sederhana. Penduduk di Karimunjawa ramah-ramah kok, travelers. Kalo kamu lihai mendekati mereka, bisa jadi mereka malah menawarkan bantuan untuk mengantar kamu berkeliling. Ini karena Kepulauan Karimunjawa sangat kaya dengan spot wisata dan penduduk lokal pasti lebih tahu tempat mana saja yang paling menarik dikunjungi.

 

Menjelajahi Kepulauan Karimunjawa

Melihat namanya saja kita sudah tahu kalo Kepulauan Karimunjawa terdiri dari beberapa pulau besar dan kecil, dan sebagian besar tidak ada penghuninya. Kamu bisa menyewa perahu motor untuk berkeliling di area perairan Kepulauan Karimunjawa dengan tarif sebesar Rp 300 ribu-Rp 500 ribu per hari, tergantung pulau mana saja yang mau kamu datangi. Kalo kamu penasaran melihat keindahan pemandangan bawah air, berlayarlah menuju Pulau Menjangan Kecil, travelers. Selain terumbu karangnya yang mengagumkan, pantai Pulau Menjangan juga bersih dari sampah plastik. Sesudah itu kamu bisa lanjutkan perjalanan ke Pulau Menjangan Besar dimana kamu bisa menemukan tempat penangkaran hiu di sini. Dengan membayar Rp 5 ribu per orang kamu boleh terjun ke air dan berenang bersama hiu, travelers. Nggak usah takut digigit karena usia hiu di penangkaran ini masih relatif muda, jadi mereka lebih jinak daripada kakak-kakak mereka yang tinggal di laut.

Alternatif lain, kamu bisa menyewa sepeda motor untuk menjelajahi Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan yang cuma berjarak sekitar 3 meter. Pulau Karimunjawa kaya akan pantai berpasir putih yang sunyi, hutan hujan tropis, hutan bakau dan kamu juga bisa mengunjungi serta berinteraksi dengan penduduk setempat yang didominasi suku Jawa dan suku Bugis yang telah bermukim di kepulauan ini secara turun temurun. Akhiri petualangan kamu dengan mengunjungi Pantai Tanjung Gelam untuk menyaksikan matahari terbenam yang akan membuatmu selalu terkenang pada Kepulauan Karimunjawa.

Penasaran kan, travelers? Ayo, segera pesan tiket di Pegipegi sekarang untuk mengawali perjalanan ke Kepulauan Karimunjawa.

(Visited 17,419 times, 1 visits today)

Comments

5 Comments

Comments

To Top