Destinasi

Melongok Tempat Wisata Seru di Batam Yuk

Ocarina_5

Batam, kota terbesar di Kepulauan Riau ini lebih banyak dikenal travelers sebagai tempat berbelanja barang-barang bermerek asal luar negeri dengan harga miring. Namun, tahukah kalian kalau di Batam tidak hanya bisa berwisata belanja saja? Banyak tempat-tempat wisata indah yang bisa kamu kunjungi.

Kota ini merupakan kota yang memiliki populasi terbesar ketiga di wilayah Sumatera setelah Medan dan Palembang. Batam punya tujuh tempat wisata yang cukup terkenal di kalangan para wisatawan. Yuk travelers, kita lihat tempat-tempat wisata yang bisa menjadi referensi kamu saat sowan ke kota ini.

1. Barelang Jembatan

barelang_wikimedia

Barelang merupakan sebuah tempat yang wajib travelers kunjungi. Kenapa? Karena jembatan ini adalah ikon dari kota Batam. Barelang merupakan singkatan dari tiga tempat, yakni Batam, Rempang, dan Galang. Singkatan nama ini digunakan sebagai nama jembatan panjang yang menghubungkan pulau Batam dengan pulau-pulau lainnya seperti Pulau Nipah, Pulau Tonton, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

Warga setempat menyebut jembatan ini dengan julukan “Jembatan Habibie”. Dijuluki nama itu karena Habibie adalah orang yang memulai pengembangan jembatan panjang untuk memfasilitasi tiga pulau yang sengaja dirancang untuk dikembangkan dan digunakan sebagai kawasan industri yang berada di Kepulauan Riau.

2. Marina Batam

marina batam_batamislandinfo

Lokasi ini bisa ditempuh dalam waktu 10 menit dari daerah Batuaji dan 30 menit dari Batam Center. Marina Batam merupakan sebuah Pantai Marina yang terletak di Waterfront City Batam, serta terletak di bagian barat Pulau Batam. Travelers bisa menemukan taman hijau yang bisa digunakan sebagai tempat bermain bagi anak-anak.

Tempat wisata ini cocok bagi travelers bersama keluarga. Menghadap ke Selat Singapura, pemandangan dari Pantai Marina terlihat sangat indah untuk dinikmati. Bahkan ketika cuaca sedang bagus, travelers akan beruntung bisa melihat bangunan pencakar langit yang terletak di Marina Bay, Singapura. Selain itu, kalian juga bisa menikmati pemandangan sunset-nya yang indah.

3. Bukit Senyum

bukit senyum_skyscrapercity

Namanya saja sudah unik, di tempat ini kalian bakal disuguhi pemandangan yang enggak kalah seru dibandingkan tempat lainnya di Kota Batam. Di Bukit Senyum, travelers bisa menikmati pemandangan kota Singapura yang berkilauan lampu di malam hari. Dari puncak bukit ini, kalian bisa melihat pemandangan bangunan yang berlokasi di Singapura dan kapal yang lewat di Negara itu. Tak lupa, melirik suguhan dagangan dari pedagang lokal setempat.

4. Pantai Nongsa

Nongsa

Nongsa adalah nama sebuah distrik yang terletak di kota Batam. Terkenal akan pantainya yang indah, di sini juga terdapat sejumlah resor dan lapangan golf yang turut menjadi salah satu tujuan wisatawan asing dan domestik. Beberapa wisata alam pantai Batam yang terkenal antara lain pantai Nongsa, Pantai Bemban, Pantai Maimoon, dan Pantai Sekilak.

5. Megawisata Ocarina

Ocarina_5

Tempat ini merupakan wisata pantai yang terletak di dalam Kota Batam. Tempat wisata ini berdiri di atas lahan seluas 40 hektare dan terletak di tepi pantai dan kompleks perumahan mewah Costarina. Kawasan ini diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Januari 2009 lalu.

6. Pantai Melur Pulau Galang

pantai melur

Bukan hanya sekadar tempat wisata, pantai ini juga sering digunakan untuk melakukan kegiatan olahraga seperti sepakbola pantai sampai voli pantai. Daya tarik dari pantai ini adalah travelers bisa berenang dan bermain air laut yang diselingi dengan mencari ikan kecil dan hewan laut lainnya.

7. Eks kamp pegungsi Vietnam di Pulau Galang

1b. Camp Vietnam, Batam18

Tempat ini merupakan bekas kamp perlindungan para pengungsi dari Vietnam pada 1979-1996, atau lebih sering dikenal sebagai Manusia Perahu. Kamp ini berlokasi di Pulau Galang, sebelah selatan Batam yang mempunyai luas sekitar 7 km2. Pada tujuh terakhir, badan pengungsi PBB, UNHCR, mengumpulkan para pengungsi Vietnam yang tersebar di beberapa bagian pulau seperti di pulau Natuna , pulau Anambas, Terempa, dan sekitarnya berkumpul  menjadi satu di Pulau Galang.

 

Butuh info soal hotel dan penginapan di Batam? Langsung cek di Pegipegi aja, travelers!

 

 

(Visited 1,445 times, 1 visits today)

Comments

2 Comments

Comments

To Top