Destinasi

Melihat Wajah Baru Taman Ismail Marzuki Jakarta yang Artistik

taman ismail marzuki tim

Kabar baik buat kamu yang sudah kangen berat dengan Taman Ismail Marzuki atau yang populer disebut TIM! Pusat kesenian dan kebudayaan di Jakarta ini kembali dibuka untuk publik sejak 3 Juni 2022, loh. Sebelumnya, TIM sempat ditutup sementara waktu karena sedang direvitalisasi. Nah, kamu pasti penasaran, dong, dengan wajah baru Taman Ismail Marzuki? Langsung saja, yuk, kita mulai menjelajahi TIM beserta area-area baru yang dihadirkan.

Mengusung Konsep Bangunan Multifungsi

taman ismail marzuki tim jakarta
Sumber: IG @wajahbaru_tim

Taman Ismail Marzuki berlokasi di Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Setelah direvitalisasi, TIM menjadi bangunan multifungsi atau mixed-use building yang harapannya bisa menjadi wadah bagi para seniman Indonesia untuk berkarya dan berkreasi lebih luas lagi. Taman Ismail Marzuki yang didirikan pada tahun 1968, kini tidak lagi hanya berfungsi sebagai pusat kesenian dan kebudayaan di ibu kota, tapi juga dialokasikan untuk tempat berkumpul masyarakat dari berbagai kalangan dan usia.

Buat para penggemar seni, TIM memiliki fasilitas gedung teater kecil dan besar, Gedung Wayang Orang Bharata, Gedung Kesenian Jakarta, Gedung Miss Tjitjih, Galeri Cipta II, Galeri Cipta III, dan Graha Bhakti Budaya –gedung pertunjukan besar yang mampu menampung hingga 1.600 penonton–.

Kalau ingin menonton film, di TIM juga bisa, loh! Tersedia fasilitas dua gedung bioskop, yaitu Garden Hall dan Podium untuk menambah keseruan hangout. Kamu bisa datang ke Taman Ismail Marzuki setiap hari, mulai pukul 8 pagi hingga 11 malam. Sebagai informasi, masuk ke TIM tidak dipungut biaya apa pun alias GRATIS. Oh ya, pastikan juga kamu mengecek media sosial resmi TIM untuk update info terbaru seputar event maupun pertunjukan seni lainnya.

Ada Perpustakaan dengan Desain Artistik

taman ismail marzuki tim jakarta
Sumber: IG @wajahbaru_tim

Dibangun di lahan seluas 7,2 hektare, TIM versi sekarang memiliki beberapa area baru yang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu yang menarik perhatian publik dan sempat viral di media sosial adalah gedung perpustakaan dengan desain minimalis kontemporer bernama Perpustakaan Jakarta.

Perpustakaan Jakarta Taman Ismail Marzuki sudah dibuka sejak Juli 2022. Bangunannya terdiri dari tiga lantai dilengkapi fasilitas ruang membaca, ruang multifungsi, ruang bermain anak, bilik cerita, loker tempat penyimpanan, co-working space, dan ruang siaran untuk podcast.

Keberadaan perpustakaan ini seakan menjadi warna baru di lingkungan TIM. Dengan begitu, tujuan orang-orang berkunjung ke TIM tidak sekadar menyaksikan event budaya dan seni, tapi juga menghabiskan waktu lebih lama untuk menambah pengetahuan dengan membaca buku dan menggelar diskusi.

Kamu yang hobi membaca, silakan datang ke Perpustakaan Jakarta Taman Ismail Marzuki di area Gedung Panjang. Interior bangunan, suasana yang tenang, dan koleksi buku-buku bagus di perpustakaan akan membuat kamu betah. Oh iya, sebelum berkunjung, kamu perlu melakukan reservasi terlebih dahulu melalui laman Perpustakaan Jakarta, ya.

Menyediakan Area Ramah Anak

wajah baru taman ismail marzuki tim jakarta
Sumber: IG @wajahbaru_tim

Selain berfungsi sebagai perpustakaan, Gedung Panjang setinggi 14 lantai yang menjadi area baru di Taman Ismail Marzuki juga punya keistimewaan pada desain bangunannya. Bila diperhatikan dari kejauhan, bangunannya tampak berundak-undak. Ternyata desain gedung tersebut terinspirasi dari not balok pada lagu ‘Rayuan Pulau Kelapa’ ciptaan Ismail Marzuki, loh. Buat kamu yang datang bersama keluarga dan mengajak anak-anak berakhir pekan di TIM, Gedung Panjang ini turut memiliki spot untuk area bermain anak.

Tidak habis sampai di situ, kamu pun bisa melihat pameran hasil karya kontemporer dengan beragam tema dari para seniman di Galeri Seni dan Galeri Annex. Lokasinya masih sama, di Gedung Panjang TIM. Untuk pamerannya, biasanya buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam. Namun, tema pameran yang diusung kemungkinan besar akan berbeda dari hari ke hari. Kamu bisa melakukan pembelian tiketnya melalui website resmi Taman Ismail Marzuki.

Gimana SobiPegi, sudah tidak sabar, kan, ingin melihat kecenya Taman Ismail Marzuki yang sekarang? Yuk, atur schedule kamu untuk jalan-jalan ke TIM bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Jangan lupa mengabadikan momen terbaik dengan latar spot baru dan eksterior gedung yang unik, ya.

Buat kamu yang datang dari luar kota, jangan khawatir. Kamu juga bisa #PegipegiLagi ke Taman Ismail Marzuki atau tempat wisata lainnya di Jakarta dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus dan travel, serta hotel promo di Jakarta melalui aplikasi Pegipegi. Saatnya #PegipegiYuk

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS DAN TRAVEL PESAN HOTEL

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa install aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

SUMBER FOTO UTAMA: IG @WAJAHBARU_TIM

Comments

To Top
%d bloggers like this: