Destinasi

Melihat ‘cahaya surga’ di Goa Jomblang Yogyakarta

Goa Jomblang

Pengen coba suasana liburan yang sedikit menantang sekaligus memanjakan mata? Ayuk datang ke Goa Jomblang Gunungkidul buat rasain gimana hebohnya caving alias susur gua di salah satu dari 500 gua yang belum terjamah di sekitar area peguungan karst Gunungkidul, Yogyakarta.

Ya, travelers, Yogyakarta ternyata punya banyak lokasi wisata seru yang belum terjamah. Terutama yang terletak di bagian selatan Yogyakarta dan sekitarnya. Setelah Pantai Indrayanti, Goa Jomblang yang merupakan sebuah goa vertikal bisa jadi daya tarik wisata baru buat wisatawan atau siapapun buat menguji ketahanan nyali menghadapi medan yang nggak biasa.

Goa Jomblang

foto: www.initempatwisata.com

Lokasi dan cara menuju Goa Jomblang Gunungkidul

Goa Jomblang berlokasi di Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul, atau 50 km dari arah tenggara pusat Kota Yogyakarta. Kamu bisa mendatanginya dengan naik bus jurusan Yogya-Wonosari trus turun di Simpang Lima Wonosari. Dari Simpang Lima Wonosari, cari angkutan umum yang menuju ke Kecamatan Semanu dan minta pada pak sopir menurunkanmu di dekat rumah Kepala Dukuh Jetis Wetan.

Rumah Pak Dukuh Jetis Wetan biasa digunakan para pengunjung/ penjelajah gua sebagai tempat penitipan barang-barang selama mereka masuk ke dalam Goa Jomblang. Perjalanan bisa kamu teruskan dengan berjalan kaki sejauh 3 km dari Dukuh Jetis Wetan menuju mulut Goa Jomblang. Jalur yang biasa digunakan para pemula di bidang susur gua adalah jalur VIP, travelers. Di jalur ini kamu bisa masuk ke goa dengan berjalan kaki menuruni tebing sejauh 15 meter, trus turun menggunakan peralatan tali temali dan teknik tertentu bernama single rope technique (SRT).

Kengerian berayun-ayun di udara akan segera berakhir saat kamu berhasil menjejakkan kaki ke dasar Goa Jomblang dan memandangi fenomena alam unik yang terhampar di depan matamu. Pepohonan rimbun diselingi semak belukar akan menyambutmu di sana. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, bagaimana mungkin sebuah hutan bisa terbentuk di bawah tanah seperti yang kamu lihat di Goa Jomblang?

Hutan purba di dalam Goa Jomblang

Ribuan tahun lalu terjadilah sebuah gempa berkekuatan besar di perbukitan Gunungkidul yang membuat tanah berikut segala tanaman yang tumbuh di atas Goa Jomblang terperosok ke dalam tanah, membentuk semacam lubang besar dengan diameter 50 meter yang sekarang dinamakan Goa Jomblang.

Kalo kamu perhatikan baik-baik, vegetasi hutan di dalam Goa Jomblang berbeda jauh dengan vegetasi di bagian atas goa. Masyarakat setempat yakin hutan dalam Goa Jomblang adalah hutan purba dan kalo diteliti lebih lanjut mungkin akan ditemukan aneka makhluk unik di sana. Namun sayangnya, sampai saat ini belum ada pihak yang tergerak untuk melakukan penelitian di Goa Jomblang.

Keajaiban alam di Goa Jomblang bukan hanya itu, travelers. Susurilah jalan setapak berbatu sepanjang 300 meter di sisi lain Goa Jomblang, dan kamu akan bisa melihat aneka ornamen cantik buatan alam menghiasi sepanjang lorong yang menghubungkan Goa Jomblang dengan sebuah goa bawah tanah lain bernama Goa Grubug.

Keindahan selanjutnya akan membuatmu menahan napas, travelers. Mendekati Goa Grubug kamu akan mendengar suara gemericik air sungai bawah tanah yang bernama Kalisuci. Goa Grubug adalah goa vertikal seperti Goa Jomblang. Bedanya, Goa Grubug berkedalaman 90 meter dan pada saat-saat tertentu sinar matahari masuk melalui pintu masuk goa dan menghasilkan suatu pemandangan yang luar biasa indah.

Tips berpetualang ke Goa Jomblang

Mengingat medannya yang sangat ‘wow’ ini, Pegipegi sangat merekomendasikan untuk mendatanginya dengan didampingi seorang instruktur atau yang sudah berpengalaman di bidang susur gua. Kalo nggak mau ribet ikut Paket Tur Goa Jomblang aja karena pengelola akan mengurus segalanya buatmu, termasuk sarana transportasi menuju Goa Jomblang, instruktur dan makan siang. Biaya tur adalah sebesar Rp 450.000* per orang, dengan jumlah peserta 25 orang untuk masing-masing rombongan.

Saran Pegipegi lainnya adalah, harap menjaga sopan santun dan jangan sampai terpisah dari rombongan. Goa Jomblang konon pernah dijadikan tempat pembantaian massal tertuduh PKI dan pembuangan mayat korban perampokan. Seorang penjelajah Goa Jomblang juga pernah dinyatakan hilang di tahun 1990-an silam. Jadi, don’t misbehave ya, travelers.

Info selengkapnya tentang ketersediaan tiket pesawat dan cara booking hotel di Yogyakarta bisa kamu dapatkan dengan menghubungi Pegipegi sekarang.

 

*Harga berlaku pada saat artikel ini ditulis

(Visited 800 times, 1 visits today)

Comments

To Top