Destinasi

Melihat Aktivitas Pelestarian Penyu di Ujung Genteng, Sukabumi

Penyu jadi salah satu hewan yang terancam punah karena penurunan populasinya yang terus terjadi. Karena itu sejak tahun 2000, tanggal 23 Mei diperingati sebagai Hari Penyu Sedunia. Tujuannya agar manusia dapat lebih sadar terhadap keberadaan penyu. Salah satu penyebab penyu terancam punah juga karena ulah manusia yang merusak habitat penyu.

Nah, untuk membantu penyelamatan penyu kamu bisa berkunjung ke Penangkaran Penyu Pangumbahan Ujung Genteng di Sukabumi. Penangkaran ini membantu menetaskan telur-telur dan anak penyu yang baru lahir sebelum dilepaskan kembali ke laut. Melihat penyu bertelur mungkin pemandangan yang jarang buat kamu. Tapi sekali melihatnya pasti kamu bakal punya pengalaman unik yang nggak bisa dilupakan.

HAMPIR SETIAP MALAM BERTELUR

Foto: ujung-genteng.info

Pantai di Ujung Genteng sering menjadi tempat penyu yang datang dari laut untuk bertelur. Kalau kamu penasaran ingin melihat langsung proses penyu bertelur, datanglah saat malam hari. Para petugas dari penangkaran berjaga di kawasan pantai mulai dari jam tujuh malam hingga jam empat pagi. Terlebih lagi saat musim bertelur, yakni sekitar bulan Juli-September, hampir setiap malam kamu bisa melihat penyu bertelur.

Proses penyu untuk bertelur memakan waktu sekitar satu sampai dua jam. Penyu akan naik ke pantai, menggali lubang, bertelur, dan menutup lubangnya kembali. Setelah penyu bertelur, sang induk akan kembali lagi ke laut menggunakan rute yang berbeda dengan rute kedatangan untuk menghindari predator dapat menemukan lokasi telurnya.

Saat kamu ingin melihat proses penyu bertelur, kamu dilarang mengeluarkan suara dan menyalakan lampu atau sinar apapun. Maklum, penyu sangat sensitif terhadap suara dan cahaya. Jika suasana berisik, penyu akan merasa tidak aman dan terganggu sehingga proses bertelur tidak dapat terjadi.

MELEPAS TUKIK KE LAUT

Foto: Pixabay

Selain melihat penyu bertelur, kamu juga bisa membantu melepas tukik (anak penyu) menuju laut. Setelah menetas dari telurnya, tukik memiliki insting untuk langsung menuju laut lepas. Saat ke Ujung Genteng, kamu bisa mendapatkan informasi dari petugas penangkaran soal waktu pelepasan tukik.

Biasanya tukik akan dilepaskan ke laut satu hari setelah menetas dari telur. Kamu akan diberikan satu ekor tukik dari penangkaran dan langsung menuju pinggir pantai. Langkah kecil tukik yang menggemaskan akan membuat suasana jadi menyenangkan. Belum lagi saat ombak menyapu tukik yang mungil. Ada saja tukik yang terbalik dan terbaring di atas cangkangnya. Kamu bisa menuntunnya kembali agar tukik bisa menuju laut dengan selamat.

WISATA EDUKASI SEKALIGUS ALAM

Foto: himmaaliyyaf

Berkunjung ke Penangkaran Penyu Pangumbahan Ujung Genteng bisa menjadi wisata edukasi buat kamu. Kamu bisa ajak keluarga atau teman-teman buat belajar tentang penyu lebih dalam. Petugas penangkaran tentu akan dengan senang hati memberikan informasi seputar penyu. So, jangan ragu-ragu buat bertanya tentang penyu, ya.

Nggak cuma itu, kamu juga bisa melihat pemandangan alam yang memesona di sini. Pantai pasir yang putih dan lembut akan memanjakan kamu. Jangan sampai kamu melewatkan pemandangan sunset dari Pantai Ujung Genteng. Cocok juga nih buat kamu yang hobi fotografi. Manfaatkan pemandangan yang indah buat nambahin stok foto kamu.

Yuk, langsung ajak keluarga dan teman-teman buat lihat penyu di Ujung Genteng. Jangan lupa cari hotel di sekitar Sukabumi lewat Pegipegi ya. Selamat liburan!

cari hotel murah di sukabumi

Foto utama: Pixabay

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top