Destinasi

Melarikan Diri Sejenak ke Gunung Pancar, Sentul Bogor

Selain menikmati kuliner yang lezat dan murah, ada begitu banyak wisata alam di Bogor yang bisa kamu jelajahi. Sebagai anak kekinian, rasanya ada yang kurang jika kamu belum mampir ke Gunung Pancar yang berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Mandang, Kabupaten Bogor. Gunung Pancar juga berdekatan dengan The Jungle Land, jadi kamu nggak bakal kesulitan ketika mencari lokasinya. Sebelum berangkat ke sana, alangkah baiknya jika kamu berkenalan dulu dengan gunung yang sangat indah ini.

Gunung dengan hamparan Hutan Pinus hijau

Sebenarnya, nama lengkap tempat wisata yang satu ini adalah Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar, namun orang-orang lebih familiar dengan sebutan Gunung Pancar. Buat kamu yang merindukan alam indah, sekaligus udara sejuk, Gunung Pancar merupakan pilihan yang tempat untuk dijadikan obyek wisata. Ketika sampai di sana, mata kamu akan dimanjakan oleh hamparan Hutan Pinus hijau di sepanjang jalan.

Tanaman yang paling mencolok di sana memang Pinus, tapi sebenarnya ada tanaman jenis lain, seperti Rasamala, Puspa, Rotan, Jamuju, Saninten, dan lain-lain. Selain dipenuhi tanaman, Gunung Pancar juga dipenuhi aneka satwa yang hidup bebas. Siapa tahu saat sedang menikmati keindahan Hutan Pinus, kamu bisa bertemu dengan kera, babi hutan, owa, surili, dan aneka jenis burung, seperti kutilang, jalak, ayam hutan merah, elang, dan lain-lain.

Misteri Gunung Pancar

 

Gunung Pancar yang hanya memiliki ketinggian 800 meter dari permukaan laut ini sering menjadi buah bibir bagi orang-orang yang percaya pada hal gaib atau yang suka mencari pusaka. Di Gunung Pancar juga terdapat beberapa makam keramat yang diperkirakan sudah tua usianya. Beberapa tokoh sejarah terkenal, seperti Mbah Kalijaga, Mbah Raden Surya Kencana, Ki Mas Manggala, Ki Mas Bungsu, Mbah H. Dalem Putih, Mbah Raden Balungtunggal, dan Mbah Raden Lawulung pernah dimakamkan di sana.

Makanya, banyak yang berkunjung ke makam keramat di Gunung Pancar demi mencari wangsit. Gunung Pancar juga diyakini menyimpan banyak pusaka, seperti cincin, tombak, keris, dan benda-benda peninggalan kerajaan zaman dulu. Di hari tertentu, Gunung Pancar juga suka memancarkan cahaya terang yang bikin mata silau. Katanya, cahaya tersebut berasal dari Besi Koneng yang dipercaya sebagai peninggalan dari salah satu tokoh sakti yang dimakamkan di sana.

Masyarakat setempat juga percaya bahwa Gunung Pancar adalah awal dan akhir kehidupan di bumi. Dulu, ketika bumi belum ada penghuninya dan belum memiliki gunung, bumi sering mengalami guncangan hebat. Setelah itu muncul gunung pertama yang kini dinamakan Gunung Pancar. Kata “Pancar” berasal dari kata “Pancer” yang berarti pasak. Sehingga, masyarakat percaya bahwa Gunung Pancar adalah pondasi bumi paling utama. Jika Gunung Pancar hancur, bumi bakal ikut hancur.

Yang bisa dilakukan di Gunung Pancar

Liburan di Gunung Pancar, bukan hanya sekadar menikmati pemandangan Hutan Pinus, menghirup udara segar, atau meminta wangsit. Hihihi… Tapi, masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan. Buat penyuka olahraga, terutama bersepeda, bersepeda di Gunung Pancar tentu nggak boleh dilewatkan. Jalanan yang terus menanjak hingga menuju Gunung Pancar menjadi tantangan buat kamu saat bersepeda. Hiking juga masih menjadi kegiatan favorit yang bisa dilakukan di Gunung Pancar.

Gunung Pacar juga cocok dijadikan lokasi camping. Kebayang nggak sih, asyiknya menginap di tenda sambil membakar api unggun di malam hari? Mungkin aja kamu jadi nostalgia masa-masa camping saat masih sekolah. Jangan lupa buat membawa peralatan dan perlengakapan camping yang kamu butuhkan, ya, travelers! Konsep camping-nya sendiri juga bisa kamu tentukan, apakah ingin camping yang sederhana atau glamping (glamour camping).

Sayang banget jika kamu main ke Gunung Pancar, tapi nggak foto-foto! Siapkan kamera terbaikmu agar bisa mengambil foto cantik di sana. Soalnya, pemandangan di sekitar Gunung Pancar sangat instagramable dan bisa mempercantik feed Instagram kamu. Buat yang merencanakan pre wedding, Gunung Pancar juga bisa dijadikan sebagai lokasi foto pre wedding super romantis dengan pasangan. Menurut kabar yang beredar sih, jika ingin foto-foto di sana harus membayar fee. Untuk hunting foto biasa aja dikenakan fee sebesar Rp 20 ribu*. Untuk foto pre wedding bisa jadi jauh lebih mahal.

Ada pemandian air panas

Di Gunung Pancar juga terdapat pemandian air panas yang bisa kamu manfaatkan untuk relaksasi setelah capek bersepeda atau hiking. Uniknya, meskipun mengandung belerang dan mineral, tapi air panasnya nggak berbau belerang, seperti pemandian air panas pada umumnya. Jika mandi di sana, kamu akan terbebas dari pegal-pegal. Air panas di sana juga bagus untuk terapi otot. Untuk mandi di Pemandian Air Panas Gunung Pancar, kamu cukup membayar Rp 10 ribu* aja per orang. Tempat pemandian ini juga terpisah dua, yaitu untuk laki-laki dan perempuan.

Biaya tiket masuk Gunung Pancar

Hari kerja

  • Rp 5000* per orang
  • Rp 10.000* per mobil
  • Rp 5000* per motor
  • Rp 100.000* per warga negara asing

Hari libur/ akhir pekan

  • Rp 7500* per orang
  • Rp 15.000* per mobil
  • Rp 7.500* per motor
  • Rp 150.000* per warga negara asing

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Supaya kamu bisa istirahat sehabis menjelajah Gunung Pancar, sebaiknya sekalian aja menginap di Bogor. Kamu bisa pesan hotel murah di Bogor lewat pegipegi.com. Harganya murah meriah, mulai dari Rp 100 ribuan aja!

cari hotel murah di bogor

*Harga berlaku saat artikel dibuat

(Visited 1,946 times, 1 visits today)

Comments

To Top