Destinasi

Melancong ke Togean, Wisata Pesisir yang Memesona di Sulawesi Tengah

Indonesia diberkahi dengan banyak sekali kawasan wisata pesisir strategis yang berkelas. Selain punya Raja Ampat, Wakatobi dan Labuan Bajo di bagian timur, ada juga Kepulauan Togean di bagian tengah yang siap menghipnotis wisatawan manapun.

Terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, Togean menawarkan pemandangan bawah laut yang spektakuler. Termasuk dalam segitiga terumbu karang dunia, kamu bakal dimanjakan dengan pesona terumbu karang yang masih sangat sehat dan alami.

Meski pamornya masih di bawah Wakatobi dan Takabonerate yang sama-sama berada di Sulawesi, kamu nggak bakal melewatkan kesempatan buat menikmati keindahannya. Apalagi, selain punya hamparan pantai berpasir putih dan lautan biru jernih, kamu juga bisa melihat hutan mangrove yang memiliki sekitar 33 jenis mangrove. Selain itu, masih ada juga gua-gua, sungai hingga air terjun.

Terdiri dari 40 pulau besar, Kepulauan Togean memiliki enam tempat indah di sana yang direkomendasikan untuk didatangi, yaitu Pulau Kadidiri, Pangempa, Bolilanga, Pulau Taupan, Danau Jellyfish, dan Kulingkinari.

Khusus Danau Jellyfish, kamu bisa menyaksikan biota bawah air yang unik berupa habitat ubur-ubur. Dari segi warna yang putih kecoklatan, otomatis ubur-ubur di sini bisa bikin kamu betah bermain lama-lama dengan mereka. Tapi tetap dijaga ya!

Dengan segudang potensi wisata, Togean benar-benar jadi magnet wisata bagi Provinsi Sulawesi Tengah. Beragam festival diadakan untuk mempromosikan spot wisata alam yang satu ini, salah satunya Festival Pesona Lipuku yang kerap digelar.

Berbagai kegiatan menarik selama festival berlangsung, di antaranya adalah fun bike, bela diri tradisional, kuliner, foto keindahan laut Togean, road race, tari-tarian tradisional, olahraga, lomba perahu, dan lomba tarik tambang di atas perahu. Juga ada penyajian masakan lokal dengan bahan ikan segar, udang, kepiting, dan tiram.

Untuk menuju Kepulauan Togean, kamu harus mencapai Kota Ampana (ibukota Kabupaten Tojo Una-Una) terlebih dulu, yang berjarak sekitar 8-10 jam perjalanan dari ibukota Sulawesi Tengah, Palu. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal motor selama 4-5 jam menuju Pelabuhan Wakai, yang merupakan ibukota dari pulau terbesar di sana, yakni Pulau Batudaka. Tertarik main ke sini?

Sekalian liburan ke Palu! Ayo pesan tiket pesawat murah ke Palu dan cari hotel murah di Palu, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Palu cari hotel murah di Palu

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top