Destinasi

Megahnya Pusat Kebudayaan Tiongkok di Vihara Budi Dharma Singkawang

Bagi banyak wisatawan yang doyan jalan, Singkawang adalah pusat kebudayaan Tiongkok di wilayah Kalimantan Barat. Nggak heran, jika berlibur di sana, kamu bisa menemukan banyak sekali vihara bersejarah, salah satu adalah Vihara Budi Dharma Singkawang.

Berdiri pada 1878, Vihara Budi Dharma merupakan tempat beribadat tertua di Singkawang bagi umat Tri Dharma. Di sini, para umat Buddha datang untuk melakukan ritual sembayang kepada Dewa Bumu Raya (Tua Peh Kong) yang dianggap sebagai roh penjaga yang melindungi kawasan Singkawang dan sekitarnya.

Vihara Budi Dharma Singkawang sendiri ada berkat masa lalu Singkawang yang menjadi lokasi persinggahan warga Tionghoa di abad 19. Mereka datang ke sini untuk menambang emas di kawasan Monterado, Bengkayang.

Keberadaan Vihara Budi Dharma Singkawang sangat dihormati warga Singkawang. Meski, perjalanan berdirinya vihara ini bisa dibilang nggak mudah, lho.

Sempat dirubuhkan untuk direnovasi pada 1920, Vihara Budi Dharma Singkawang ludes terbakar pada sebuah insiden kebakaran pada 1930. Beruntung, patung Tua Peh Kong yaang dianggap sebagai simbol kekuasaan dan keberuntungan selamat dari musibah tersebut.

Vihara Budi Dharma Singkawang memiliki daya tarik sendiri, selain arsitektur bangunan yang megah. Di sisi kanan vihara, terdapat taman kecil yang memilki lukisan kehidupan masyarakat Tionghoa. Lukisan tersebut menggambarkan kehidupan mereka yang aman, penuh kedamaian dan sejahtera.

Tiap pagar Vihara Budi Dharma Singkawang ini pun dilengkapi dengan gambar bunga teratai. Simbol ini dipercaya sebagai bentuk kesempurnaan hidup warga Tionghoa, baik di Singkawang maupun di seluruh dunia.

Vihara Budi Dharma Singkawang sendiri selalu ramai dipadati oleh para umat tiap kali perayaan Tahun Baru China atau Imlek serta Cap Go Meh digelar. Tertarik buat main ke sini?

Pengin main ke Singkawang? Yuk, pesan tiket pesawat, dan cari hotel murah di Singkawang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top