Destinasi

Megahnya Masjid Raya Padang, Ikon Religi khas Minangkabau

Jalan-jalan ke Padang nggak lengkap kalau belum berburu wisata religinya. Nah, salah satu spot yang wajib kamu kunjungi adalah Masjid Raya Padang.

Terletak di Kawasan Alai Parak Kopi, Masjid Raya Padang dikenal akan kemegahan dan arsitektur bangunan yang unik. Dinobatkan sebagai masjid terbesar kedua di Pulau Sumatera, Masjid Raya Padang memadukan unsur Islam yang kental dengan tradisi khas Minangkabau.

Hal ini bisa dilihat dari penampakan atap yang memiliki empat sudut runcing ke atas. Atap tersebut terinspirasi langsung dari arsitektur bangunan rumah adat khas Minangkabau, Rumah Gadang yang sangat dijaga keberadaannya.

Namun, desain dari atap Masjid Raya Padang juga diambil dari bentangan kain yang digunakan Nabi Muhammad untuk meletakkan batu Hajar Aswad di Kakbah. Keputusan ini diambil lantaran empat kabilah dari suku Quraisy sempat berselisih memperebutkan hak memindahkan batu suci tersebut.

Nah, yang bikin menarik adalah bagian interiornya. Kamu dapat melihat desain mihrab yang menyerupai cangkang batu Hajar Aswad yang berisikan ruang mimbar bagi imam salat maupun penceramah.

Dengan desain langit yang cukup minimalis, Masjid Raya Padang menghadirkan kaligrafi Asmaul Husna atau 99 nama dan sifat Allah yang tersusun rap di dinding mihrab hingga ke langit-langit. Dirancang oleh Rizal Muslimin, Masjid Raya Padang pun menjadi rumah bagi banyak kegiatan keagamaan bagi umat Islam di kota Padang.

Baru diresmikan pada awal 2019, butuh 12 tahun untuk membangun Masjid Raya Padang, dikarenakan keterbatasan anggaran dari provinsi. Namun, di antara tahapan pembangunan, masjid ini sudah dapat digunakan untuk salat lima waktu hingga pengajian bertaraf provinsi.

Nggak sabar pengin ke Padang? Ayo pesan tiket pesawat murah ke Lombok dan cari hotel murah di Padang, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Padang cari hotel murah di padang

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top