Destinasi

Megahnya Fort Malborough, Wisata Zaman Kolonial di Bengkulu

Indonesia memiliki banyak sekali benteng bersejarah peninggalan zaman kolonial. Jika Yogyakarta hadir dengan Fort Vredeburg dan Makassar dengan Fort Rotterdam, Bengkulu justru punya benteng yang nggak kalah unik, Fort Marlborough.

Sesuai dengan namanya, Fort Malborough merupakan benteng peninggalan Inggris yang berada di Bengkulu. Bangunan tua yang dibangun pada 1714-1719 ini merupakan sisa sejarah dari masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet.

Nama asli bangunan ini adalah Benteng Marlborough. Tapi, masyarakat malah memberikan sebutan Benteng Kura-Kura untuk bangunan ini. Karena, ada bagian di benteng ini yang terlihat seperti kura-kura, dengan pintu utama dikelilingi parit, tapi dapat dilalui oleh jembatan.

Kalau kamu berkunjung ke benteng seluas 44 ribu meter persegi ini, berarti kamu sudah melihat bangunan bersejarah yang juga sempat diduduki oleh Belanda dan Jepang. Bahkan, setelah kemerdekaan, Fort Marlborough dialihfungsikan sebagai markas besar Polisi Republik Indonesia (Polri) dan TNI-AD.

Jika kamu kulik bgian dalam, siap dibuat kagum dengan kokohnya ruang tahanan, gudang persenjataan, meriam, ruang perlindungan, gudang senjata. Bahkan, benteng ini memiliki terowongan sepanjang 6 meter dengan lebar 2 meter yang berfungsi sebagai akses masuk maupun tempat berlindung dari serangan musuh.

Meski sudah nggak aktif, Fort Marlborough kini menjadi tujuan wisata utama di kota Bengkulu. Apalagi buat kamu yang hobi berfoto dengan latar belakang bangunan kuno yang megah.

Buat main ke sini, kamu cukup berkendara ke kawasan Teluk Segara selama 1,5 jam. Jika naik angkutan umum, naik bus jurusan Alun-alun kota Bengkulu. Kamu bisa turun langsung di depan bentengnya, sebab bangunan ini memang ada di tengah kota, tepatnya jalan Ahmad Yani. Tertarik main ke sini?

Jangan lupa  sekalian liburan ke Bengkulu. Yuk, pesan tiket pesawat ke Aceh, dan cari hotel murah di Bengkulu  lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top