Event

Mbarak, Tradisi Silaturahmi Lebaran yang Turun Temurun

Keragamaan kebudayaan sudah menjadi ciri khas yang melekat erat dengan bangsa Indonesia. Berbagai macam tradisi unik, khususnya saat memasuki Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, pun seakan masih aman terjaga.

Dari beberapa tradisi, mungkin Halal Bi Halal adalah yang paling sering dilakukan nyaris seluruh umat muslim di Indonesia. Di mana, setiap kepala keluarga memboyong seluruh anggotanya untuk bersilaturahmi ke rumah-rumah tetangga.

Foto: dokterberpeci

Nggak cuma ke tetangga satu rukun tetangga (RT). Cakupannya terkadang bisa mencapai satu rukun warga (RW), satu kelurahan bahkan satu kecamatan. Biasanya tradisi ini dimulai sesaat setelah melaksanakan salat Ied di masjid.

Nggak Pernah Absen

Tapi kamu tahu nggak sih di mana pertama kali tradisi silaturahmi seperti ini muncul? Well, semuanya berawal di kota Ponorogo, Jawa Timur, lho!

Tiap kali hari Lebaran tiba, masyarakat di sana selalu melakukan tradisi silaturahmi yang dinamakan Mbarak atau Sejarah. Saking sangat menjunjung tinggi nilai silaturahmi, tradisi ini nggak pernah absen di setiap hari Raya Idul Fitri dan sudah turun temurun.

Foto: sawali

Usai salat Ied, para warga akan mendatangi satu per satu rumah tetangganya. Rombongan yang dibawa tiap keluarga pun bisa dikelompokkan dalam kategori usia.

Jika yang sudah menikah, mereka mengajak pasangannya. Jika yang masih remaja, mereka bakal berkumpul dengan teman sebayanya. Sedangkan, para anak kecil yang bakal kebagian berkah lebih lantaran bakal dapat uang Lebaran dari tiap tetangga.

Hebatnya, selama tradisi Mbarak, jalanan kota Ponogoro dipastikan bebas dari kendaraan bermotor. Seakan jadi kewajiban, mereka hanya berjalan kaki menyusuri kampung atau desa demi desa buat bersilaturahmi dengan sesama.

Satu hal yang membuat tradisi Mbarak tetap terjaga baik dan bahkan sudah menular ke berbagai daerah di Indonesia adalah konsistensi warganya. Buat yang tinggal di luar kota Ponorogo, mereka benar-benar memanfaatkan libur Lebaran buat mudik ke sana demi bisa ikutan tradisi Mbarak ini.

Sudah siap ikutan tradisi ini? Sekalian rencanakan liburan berikutnya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah Ponorogo di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 132 times, 1 visits today)

Comments

To Top