Tips

“Mau nginap di hotel mana?” Baca dulu 10 tips ini

tips-memilih-hotel

Travelers, kamu lagi mencari tips memilih hotel karena sedang merencanakan liburan, atau ada acara kantor yang mengharuskanmu menginap di hotel? Memang tidak mudah menemukan hotel yang tepat karena ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan. Biar nggak salah pilih, yuk ikuti tips memilih hotel dari Pegipegi biar kamu bisa mendapatkan hotel yang cocok di hati

 

  1. Lokasi
memilih-lokasi-hotel

foto : http://screenmediadaily.com/

Nggak hanya dalam memilih rumah, tips memilih hotel pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah lokasi. Yap, bener banget travelers. Pemilihan lokasi hotel yang strategis ini juga bergantung dari tujuan kamu menginap di hotel. Misalnya, kalau kamu lagi melakukan perjalanan bisnis, hotel yang harus dipilih tentu berlokasi di tempat yang aman dan nyaman.

Beda lagi kalau kamu berencana untuk sightsee. Tips memilih hotel untuk tujuan ini, lokasinya harus berada di pusat keramaian sehingga akomodasi dan transportasinya gampang. Sedangkan terakhir, kalau tujuan mencari hotel karena kamu butuh rileksasi atau ingin menyendiri, barangkali kamu perlu hotel di tempat terpencil atau di daerah pinggiran karena suasananya jauh lebih tenang. Jadi pas banget buat merenung.

 

  1. Tempat parkir
parking-lot

foto : con.ca

Memang nggak harus membawa mobil kalau lagi bepergian. Tapi kalau kebetulan kamu nyetir sendiri, tips memilih hotel yang juga harus diperhatikan adalah apakah hotel yang akan kamu pilih punya lahan parkir. Ini penting lho. Daripada menginap di hotel nyaman tapi kendaraan harus diparkir di jalan, ini tentu tidak aman.

So, sebelum memutuskan, cari tahu dulu apakah pengelola hotel menyediakannya untuk tamu. Tidak hanya itu, menanyakan tingkat pengamanan dan apakah ada biaya tambahan juga penting. Ini dilakukan untuk mengetahui tambahan biaya selama kamu meningap.

 

  1. Tarif hotel dan biaya tambahan

Tarif hotel juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Ada beberapa website yang menyediakan cara booking online, namun tarifnya cukup bervariasi. Ini adalah tugasmu untuk mendapatkan penawaran terbaik. Bandingkanlah semua harga hingga akhirnya kamu mendapatkan tarif yang masuk akal.

Tips memilih hotel yang juga harus kamu cermati adalah apakah semua yang kamu inginkan dalam sebuah ruangan sudah termasuk dalam tarif kamar. Sebagai contoh, apakah saat mengakses internet ada biaya tambahan lagi? Apapun yang ada dalam kepala, tanyakanlah biaya-biaya tambahan yang mungkin akan berlakukan. Lebih baik bertanya sebelum memutuskan memilih hotel daripada shock berat gara-gara tidak menyadari kalau fasilitas yang kamu nikmati dikenakan biaya tambahan.

 

  1. Jumlah bintang
hotel-berbintang

foto : kronborginn.com

Mengetahui jumlah rating bintang adalah cara umum dan menjadi salah satu tips memilih hotel. Ini dikarenakan jumlah bintang menentukan kategori hotel itu sendiri. Esensinya adalah, semakin banyak bintang disematkan, kualitas dari fasilitas yang ditawarkan lebih baik.

Bisa dikatakan kalau ini adalah tips memilih hotel paling sederhana untuk membandingkan beberapa hotel serta menentukan apakah hotel yang sedang kamu cari mempunyai tarif lebih murah dan ‘wah’. Kalau kamu mencari hotel di internet, pasti bisa dengan mudah mencari hotel dengan berbagai kategori ratting bintang.

 

  1. Fasilitas dalam satu atap

Tips memilih hotel selanjutnya adalah dengan mencari tahu apakah hotel yang kamu tinggali punya fasilitas lengkap dalam satu atap, atau dalam satu area. Ini seringkali dipertimbangkan kalau kamu lagi liburan bareng anak-anak atau tujuan liburan ingin melepas penat.

So sebelum kamu memutuskan akan menginap dimana, cari tahu dulu mengenai fasilitas yang ditawarkan, misalnya apakah ada kolam renang dan restoran. Nggak ada salahnya juga untuk mencari tahu apakah ada spa atau golf course karena kalau kepala lagi bener-bener ‘stress tingkat tinggi’, kamu pasti pengin mengurangi ketegangan dengan cara rileksasi, baik tubuh dan pikiran.

 

  1. Bonus breakfast
breakfast

foto : twitter.com

Melihat apakah ada bonus breakfast (sarapan) juga menjadi salah satu tips memilih hotel sehingga sebelum beraktivitas, perut sudah terisi dan lebih berenergi. Kalau sehari dua hari sih nggak masalah. Repotnya kalau kamu lagi liburan bareng anak-anak lebih dari satu minggu.

Travelers, kamu juga bisa menghemat budget jika tahu caranya. Inilah tips memilih hotel yang unik. Caranya, kamu bisa bertanya kepada pengelola hotel apakah hotel yang dipesan untuk menginap ada kulkas dan microwave. Dengan begitu kamu bisa menyiapkan makanan sendiri. Jadi makin hemat ‘kan?

 

  1. Family-friendliness

Tips memilih hotel selanjutnya adalah, apakah kamu harus menginap di hotel dengan batita dan balita? Kalau iya, kamu harus pastikan kalau hotel yang dipilih punya fasilitas dan akomodasi mendukung. Jadi, pastikanlah untuk melakukan riset kecil-kecilan, seperti apakah ada tempat tidur bayi, kolam renang yang ramah untuk anak-anak, area rekreasi, dan kulkas di dalam ruangan.

Perhatikan juga apakah pihak hotel memberi tambahan fasilitas, seperti diskon untuk makan anak-anak, babysitting, dan lainnya. Dengan begitu, apa yang kamu perlukan akan tersedia untuk mempermudah acara liburan.

 

  1. Pet-friendliness

Memang sih kalau liburan penginya nyantai dan nggak ribet. Tapi kalau kamu cinta banget dengan binatang kesayangan dan ingin membawa serta, nggak ada salahnya kok. Tips memilih hotel buat kamu yang ‘pet lover’, cari tahu dan tanyakanlah apakah di tempat hotel yang akan kamu pilih diperbolehkan membawa binatang peliharaan atau tidak.

Jika iya, apakah ada biaya tambahan untuk memandikan, atau, adakah tempat di sekitar hotel yang bisa digunakan untuk bermain-main dengan binatang peliharaan agar tidak bosan. Biaya tambahan apapun harus diperhitungkan agar budget tidak kebobolan.

 

  1. Hotel nyaman vs rasa lokal

Apa sih maksudnya? Well travelers. Inilah salah satu tantangan saat kamu sedang mencari tips memilih hotel. Kenapa? Karena ini adalah salah satu keputusan terbesar saat memilih hotel. Kamu mungkin saja lebih suka tinggal di sebuah hotel yang besar, nyaman, fasiltias lengkap, dan akomodasi ke mana saja mudah. Dan hotel berbintang-lah yang sedang kamu cari.

Tapi kalau kebetulan kamu pengin menikmati ‘taste’ lokal dan ingin merasakan petualangan yang sesungguhnya, barangkali kamu tertarik untuk tinggal di rumah warga atau rumah pemilik hotel agar mencicipi sarapan khas masyarakat lokal. Semua tentu tergantung dari tujuan awal dan tips memilih hotel ini setidaknya dapat dijadikan pertimbangan.

 

  1. Review

hotel-review

Membaca review atau ulasan juga bisa jadi salah satu tips memilih hotel. Cara ini juga menjadi jalan pintas untuk mendapatkan hotel yang kamu inginkan. Ulasan yang ditulis di internet itu dilakukan oleh travelers yang pernah tinggal di hotel tersebut dan merasakan sendiri gimana rasanya menginap di sana. So apa yang ditulis tentu objektif.

Semua informasi penting yang disampaikan bisa dijadikan pertimbangan buat travelers sebelum memutuskan untuk menginap di hotel mana. Ada banyak website yang menyediakan ulasan atau review. Sebagai tips, carilah ulasan terbaru sehingga apa yang dirasakan oleh penulis ulasan masih fresh.

Nah travelers, sekarang sudah tahu ‘kan bagaimana tips memilih hotel. Happy traveling.

(Visited 332 times, 1 visits today)

Comments

To Top