Tips

Mau Mudik Sekeluarga? Perhatikan Hal-Hal Ini!

mudik_macet

Momentum Hari Raya Idul Fitri sangat dinanti-nanti oleh seluruh orang, khususnya umat muslim. Ada satu hal wajib yang sudah tradisi dilakukan oleh beberapa keluarga yakni mudik. Yup, pulang ke kampung halaman bersama seluruh keluarga untuk bertemu sanak saudara rasanya memang sudah “wajib” untuk dilakukan.

Namun, sebelum mudik, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal. Apalagi kalau kalian membawa serta anak kecil atau bayi untuk diajak perjalanan jauh. Selain harus siap mental, travelers juga perlu tahu bagaimana cara mengatasi jika si kecil rewel setelah menempuh perjalanan panjang dan melelahkan.

Jika sudah bersiap merencanakan mudik bersama keluarga kalian, nggak ada salahnya simak sedikit tips berikut ini.

1. Cek kesiapan kendaraan

Jika travelers berkeinginan untuk mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, cek kondisi kendaraan dan pastikan semuanya sudah siap. Kamu juga harus siap membawa perlengkapan mobil seperti ekstra ban, dongkrak, senter, segitiga pengaman, pompa ban, perlengkapan P3K, payung, dan lain-lain yang dirasa kalian butuhkan. Namun jangan pula membawa terlalu banyak barang, bisa-bisa si kecil tidak bisa bergerak leluasa dan tidak bisa tidur dengan nyenyak.

2. Siapkan mental

Saat travelers memutuskan untuk membawa anak yang masih berusia balita atau bahkan masih bayi, pasti akan membosankan dan cukup melelahkan bagi mereka. Namun, tetaplah berpikir positif bahwa semuanya akan berjalan lancar karena sudah dipersiapkan dengan matang.

3. Kondisi sehat

Kesehatan menjadi faktor utama saat melakukan perjalanan jauh, entah itu dengan mobil, pesawat, maupun kapal laut. Jadi, janganlah menganggap sepele kesehatan travelers. Hal ini menjadi penting karena kalian akan menjaga si kecil dan keluarga yang akan cukup menyita waktu dan menguras tenaga. Jangan lupa, periksa dulu kesehatan si kecil sebelum melakukan perjalanan jauh.

4. Buat daftar

Sempatkan waktu untuk membuat daftar keperluan anak. Jangan sampai ada yang tertinggal. Sebaiknya travelers tidak membawa peralatan atau perlengkapan yang berlebihan, karena bisa membuat kendaraan kalian menjadi penuh.

5. Sediakan peta mudik

Jika kalian baru pertama kali merasakan mudik bersama keluarga, jangan lupa untuk menyiapkan peta yang menyediakan jaluralternatif yang detil, jelas, dan lengkap. Tak lupa, cari peta yang menyediakan beberapa nomor penting terkait dengan perjalanan kalian.

6. Perhatikan jam berangkat

Hal yang satu ini akan berguna sekali untuk travelers. Kenapa? Ini dilakukan agar kalian terhindar dari kemacetan jalan. Perhitungkan pula lamanya perjalanan yang akan ditempuh. Denganbegitu, travelers, bisa menentukan waktu yang nyaman dalam melakukan perjalanan dengan keluarga.

7. Persiapkan kebutuhan si kecil

Kebutuhan buah hati travelers merupakan hal yang utama untuk dipersiapkan. Mulai dari pakaian, popok, obat-obatan, makanan kecil dan minuman, peralatan makan dan minum, tisu basah, kantong muntah sampai bantal, patut diperhatikan. Sebaiknya, jadikan dalam satu tas khusus agar travelers tidak kerepotan mencarinya.

8. Berdoa

Sebelum, sedang, dan setelah perjalanan, berdoalah memohon keselamatan sang pencipta agar travelersterhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila mengantuk saat perjalanan, segeralah menepi. Kesehatan dan kondisi kalian yang prima sangat penting.

 

 

Sudah siap untuk mudik, travelers? Yuk cari penerbangannya di Pegipegi sebelum kehabisan!

 

 

(Visited 181 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top