Tips

Mau Menginap di Hotel Budget? Siapin Ini Ya!

Foto 4 Hotel Budget

You Get What You Pay For’.

Kalau kamu seorang petualang sejati, kamu pasti tahu apa maksudnya. Bener kan sobat travelers? Artinya kurang lebih, kamu akan mendapatkan sesuatu sebanyak uang yang kamu keluarkan. Begitu juga kalau kamu menginap di hotel budget alias hotel bertarif murah. Biar tidak kecewa, kamu harus menyiapkan beberapa hal agar tidak merana, uring-uringan, dan sakit hati gara-gara harapan tidak sesuai dengan kenyataan.

Sejatinya, hotel secara singkat didefinisikan sebagai usaha yang menyediakan penginapan dan dibayar dalam jangka pendek. Asal tahu saja, kalau kamu memutuskan menginap di hotel budget, kamu mungkin akan bertemu dengan bangunan dan furnitur yang sudah berumur tua. Biarpun begitu, kebersihannya masih tetap terjaga kok. Tidak hanya itu, mereka juga tidak menawarkan sesuatu yang gratis, kecuali sarapan sederhana, teh manis, atau koran. Jadi, kalau kamu mengincar budget hotel, singkirkan mimpi mendapat fasilitas kamar seperti yang ada di hotel bintang lima ya.

Foto 2 Hotel Budget

Buat travelers dan backpacker dengan dana terbatas, budget hotel memang pilihan tepat. Kamu hanya perlu akomodasi dasar, seperti ruangan dengan ranjang, lemari, meja kecil, dan kamar mandi. Biar tidak parah-parah amat, sebelum menetapkan dimana akan tinggal, tak ada salahnya kalau kamu mengirim email ke beberapa hotel untuk menanyakan tarif per malam beserta fasilitasnya. Akhir-akhir ini, ada banyak hotel yang mengubah tarif dari hari ke hari tergantung musim ramai atau sepi. Dengan mendapatkan informasi terkini, setidaknya kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing hotel.

Selain kondisi hotel, saat menginap di hotel murah kamu juga perlu menyiapkan peralatan dasar yang harus dibawa dari rumah, seperti sikat gigi, handuk kecil, odol, sabun mandi, dan shampo karena budget hotel jarang sekali menyediakan peralatan mandi buat para pelancong. Daripada bingung mau beli dimana, mendingan kamu membawa sendiri untuk jaga-jaga.

Selain itu, tidak ada salahnya kalau kamu membawa baju hangat/jaket  dan kaus kaki agar tidurmu tidak terganggu oleh nyamuk dan hawa dingin. Kebanyakan budget hotel memang tidak menyediakan selimut. Jadi, kamu sendiri yang harus menyiapkannya.

Sedangkan untuk makanan, kamu tidak perlu khawatir, travelers. Biarpun hanya mendapatkan sarapan pagi, setidaknya perutmu tidak kosong saat meninggalkan hotel. Selebihnya, kamu bisa berwisata kuliner lokal. Asyik, kan? Namun, kamu perlu mencari tahu dulu jenis makanan, rasa, dan kehalalannya. Jangan sampai kamu sakit perut hanya gara-gara memesan makanan super pedas, padahal kamu sama sekali tidak bisa makan makanan pedas.

Foto 3 Hotel Budget

Dan hal terakhir yang harus kamu ingat adalah bahwa menginap di hotel bertarif Rp2.000.000 per malam tentu beda dengan hotel bertarif Rp200.000 per malam. Jadi, jangan berharap kamu bisa mendapatkan hotel berkamar luas dengan kitchen bar, layanan laundry, spa, peralatan kebugaran, dan kolam renang. Tapi jangan sedih dulu! Kalau tempat liburanmu berupa pantai, kamu masih bisa berenang, snorkeling, dan diving, kan? Jadi, kamu dapat berolahraga sambil bersenang-senang.

So travelers, biarpun akomodasi di hotel budget tidak sesuai impian, tetapi kamu bisa berhemat dan bahkan dapat mengunjungi tempat wisata yang lebih banyak lagi. Apalagi kalau kamu liburan bareng teman-temanmu. Selain mendapatkan pengalaman yang menarik, kamu pun bisa menjelajah tempat wisata baru dengan biaya murah.

Nah kalau kamu mencari hotel-hotel murah, coba kamu cek di website Pegipegi. Siapa tahu ada promo.  Liburan kamu pasti makin seru dan menyenangkan. Selamat berlibur ya!

(Visited 1,180 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top