Tips

Mau ke Banyuwangi Dari Jakarta Naik Kereta Api? Ini Rutenya!

Kota Banyuwangi memiliki keindahan alam tersendiri. Meski letaknya di ujung Pulau Jawa, kota yang juga menjadi salah satu akses menuju Pulau Bali ini sering menjadi destinasi liburan para wisatawan, nggak cuma lokal, tetapi juga mancanegara.

Soal koleksi tempat wisata, Banyuwangi salah satu yang terlengkap di Pulau Jawa. Selain bisa menikmati Bluefire di Kawah Ijen, kamu juga dapat bersantai di bawah nyiur pohon kelapa ala Pantai Grajagan atau Blimbingsari.

Ada berbagai cara buat menuju ke Banyuwangi dari Jakarta. Namun, banyak backpackers memilih moda transportasi Kereta Api untuk menghantarkan mereka buat ke Banyuwangi ketimbang kendaraan darat lainnya seperti mobil atau bus.

Nah, yang ingin ke Banyuwangi naik kereta api dari Jakarta, Pegipegi sudah siapkan beberapa rutenya, nih. Yuk, disimak!

Jalur Utara

Jalur utara merupakan favorit para travelers menuju Banyuwangi karena lebih cepat. Namun, untuk mencapai kota tersebut, kamu harus dua kali menumpang kereta yang berbeda dari Jakarta menuju Surabaya.

Dari Jakarta, kamu bisa naik berbagai rangkaian kereta api dengan kelas bisnis, eksekutif maupun ekonomi. Seperti Argo Bromo Anggrek, Sembrani 48, Bangunkarta 56, dan Bima 44 dengan tujuan Jakarta Gambir – Surabaya Pasar Turi atau Jakarta Gambir – Surabaya Gubeng.

Jika ingin menghemat, kamu bisa naik kereta dengan kelas ekonomi maupun bisnis dari Pasar Senen. Seperti Jayabaya maupun Gumarang. Tentu saja dengan tujuan sama seperti kelas eksekutif.

Nah, dari Surabaya, langsung menyambung dengan rangkaian kereta menuju Banyuwangi. Ada empat pilihan kereta dengan berbagai kelas seperti Probowangi 213 (Ekonomi), Mutiara Timur Siang (bisnis), Sir Tanjung (ekonomi) hingga Mutiara Timur Malam 89 (eksekutif) menuju stasiun Banyuwangibaru.

Dengan satu kali transit, total perjalanan akan memakan waktu 16-17 jam lamanya. Kamu bisa pesan tiket kereta apinya di Pegipegi, lho!

Jalur Selatan

Selain melalui jalur utara, ada juga cara menuju Banyuwangi dari Jakarta melalui jalur selatan, lho! Sayangnya, nggak banyak pilihan rangkaian kereta jika kamu menggunakan jalur selatan.

Langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah menumpang kereta api dari Jakarta menuju kota Yogyakarta. Tepatnya dari Pasar Senen, kamu bisa memilih berbagai rangkaian kereta seperti Majapahit (Ekonomi), Brantas (Ekonomi), dan Gaya Baru Malam Selatan (Ekonomi).

Foto: poskotanews

Untuk yang terakhir berhenti di Lempuyangan, pilihannya ada Gajahwong, Jaka Tingkir, Singasari, Bengawan hingga Bogowonto. Nah, dari Lempuyangan, kamu bisa langsung menumpang kereta api Sri Tanjung yang siap membawa kamu ke Stasiun Banyuwangibaru (via Surabaya).

Total perjalanan dari Jakarta, kamu harus menempuh total perjalanan 22 jam lamanya. Tergantung jadwal keberangkatannya dari Jakarta dan stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.

Foto utama: dipomojosari

Nah penasaran nggak? Yuk liburan dulu di Banyuwangi. Kamu bisa pesan tiket kereta api ke Banyuwangi, dan hotel murah Banyuwangi di Pegipegi! Selamat merencanakan liburan, ya!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah ke Banyuwangi  cari hotel murah Banyuwangi

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 801 times, 18 visits today)

Comments

To Top