Tips

Mau kamping? Ini 7 perlengkapan yang paling penting!

Woman hiking looking at view

Travelers pasti setuju kalau kegiatan outdoor seperti kamping bersama keluarga maupun teman bisa menjadi momen quality time, sekaligus menikmati keindahan alam. Sayangnya, sebagian orang justru menganggap hal tersebut merepotkan karena harus membawa perlengkapan seabrek yang kadang justru nggak terpakai sama sekali. Nah, supaya kegiatan kamping lancar dan semua perlengkapan yang dibawa efisien, PegiPegi sudah buatkan daftarnya untuk kamu. Yuk, disimak!

1. Tas Carrier
Karena kegiatan kamping biasanya dilakukan di alam terbuka seperti gunung, pantai atau area perkemahan tentu kamu nggak mau repot membawa koper atau beberapa tas sekaligus, kan? Solusinya, kamu bisa menggunakan tas carrier. Tas ini memang yang paling biasa digunakan untuk kegiatan outdoor, travelers.
Soal ukuran, semua tergantung kebutuhan kamu selama kamping seperti jarak tempuh, berapa lama dan barang apa saja yang bakal kamu bawa.
Tas carrier juga harus disesuaikan dengan jenis kelamin, karena model yang digunakan perempuan dan laki-laki berbeda. Bisa dilihat dari ukuran punggung serta bentuk dada dan pinggul antara perempuan dan laki-laki.

2. Tenda
Dalam aktivitas outdoor sudah pasti tenda punya peran penting. Di kalangan penggemar kamping ada tenda favorit yang disebut tenda dome karena mudah didirikan dan ukurannya juga nggak terlalu besar sehingga mudah dibawa.
Selain berfungsi sebagai tempat berteduh, tidur di tenda juga akan memberikan pengalaman tidur di bawah langit yang cerah sambil menikmati indahnya sinar rembulan dan kerlap-kerlip bintang.

www.iceland-camping-equipment.com

www.iceland-camping-equipment.com

3. Matras
Jangan sampai tubuh pegal di pagi harinya karena tidur langsung beralaskan tanah—yang kemungkinan tidak rata dan berbatu. Bawalah matras yang memiliki beberapa tipe, di antaranya matras gulung, matras lipat dan matras angin. Semua tipe ini punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, kamu hanya perlu memilih sesuai kebutuhan.

4. Sleeping Bag
Supaya tidur di dalam tenda terasa nyaman, lengkapi dirimu dengan sleeping bag yang bisa menghalau dingin dan gangguan serangga. Tinggal pilih, mau pakai tipe selimut atau tipe mummy. Untuk tipe selimut bentuknya menyerupai kasur berselimut, memiliki ritsleting supaya sleeping bag bisa dibuka lebar. Sementara tipe mummy desainnya lebih ramping mengikuti alur tubuh, sehingga badan kamu akan tertutup dari leher sampai kaki.

hubpages.com

hubpages.com

5. Pakaian

Mengingat cuaca dan keadaan yang nggak menentu saat kamping, travelers perlu menyiapkan segala jenis pakaian cadangan. Selain pakaian yang nyaman, jangan lupa membawa jaket gunung, jas hujan, kaos kaki, sandal dan pakaian hangat, ya, travelers!

6. Alat masak portabel
Salah satu kegiatan yang bisa mengakrabkan diri saat kamping adalah memasak. Nggak perlu repot mengumpulkan ranting untuk menyalakan api unggun, bawalah kompor gas portable, serta wadah masak bernama nesting. Beda dengan panci, nesting lebih praktis karena bentuknya yang bertingkat sehingga kamu bisa memasak nasi, lauk pauk, dan air sekaligus walau wadahnya terpisah-pisah.

http://shop.consina-adventure.com/

http://shop.consina-adventure.com/

7. Perlengkapan darurat
Selain barang-barang penting yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa barang yang sebaiknya dibawa saat kamping tetap berjalan lancar. Bawalah headlamp, alat medis P3K, korek api, pisau lipat dan kompas.

(Visited 534 times, 2 visits today)

Comments

To Top