Kuliner

Mau Jadi Raja Salman? Cicipi Dulu 7 Masakan Khas Arab Ini

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud punya pribadi yang sangat sederhana secara perawakan. Apalagi kalau sudah berbicara masakan favoritnya, beliau bukan tipe pria yang memilih.

Kabar mengenai Sang Raja yang mendapat hidangan nasi kebuli di Indonesia pun memancing perhatian banyak orang. Meski nggak banyak yang tahu beliau suka atau nggak dengan masakan tradisional Indonesia tersebut.

Maklum, sebagai Orang Arab, dia terbiasa banget dengan masakan-masakan Timur Tengah. Sedangkan, kebanyakan kita cuma mengenal kebab sebagai makanan TimTeng paling favorit di Indonesia.

So, mau merasa “jadi” Raja Salman? Pegipegi telah merangkum tujuh masakan Arab yang wajib kamu coba jika masih bermimpi ingin seperti Sang Raja.

Kefta

kefta-1140x550

Foto dari: http://argobakery.com/

Salah satu masakan yang paling popular dari negeri Arab adalah kefta. Kalau kamu pernah menjumpai sate buntel di Solo, ini penyempurnaannya. Bahan dasarnya adalah daging kambing atau sapi yang dilumuri bumbu paprika, peterseli, dan bawang merah lalu dipanggang layaknya kebab. Teksturnya sendiri kering dan disajikan dengan dedaunan seledri. Nikmat!

Labneh

spiced-labneh

Foto dari bonappetit.com

Dessert yang satu ini katanya sih lagi ngehits banget di Arab. Diadopsi dari penganan yang sama dari Yunani, labneh merupakan yoghurt yang teksturnya sangat lembut lantaran melalui proses pembekuan terlebih dahulu. Tujuannya sih untuk menghilangkan ampas airnya sehingga rasa asam yang keluar sangatlah pas. Rasa segar jadi hal yang ditawarkan oleh labneh.

Tagine

vegetable-and-chickpea-tagine

Foto dari https://www.diabetes.org.uk

Pecinta masakan di dalam mangkuk, pasti bakal tergiur untuk mencicipi hidangan yang satu ini. Dalam satu mangkuk, kamu dapat merasakan nikmatnya nasi, daging kambing, daging sapi, daging ayam, hingga tagine sayuran yang bermacam-macam. Kuahnya sendiri datang dari rebusan air yang berasal dari sayurannya. Dibalut dengan bumbu khusbur dan mukholat, masakan yang aslinya dari Maroko ini dijamin bikin lidah penasaran.

Kunafeh

12484073_f520

Foto dari http://hubpages.com/

Penggemar kue, harus banget mencicipi Kunafeh. Terbuat dari tepung gandum yang diisi dengan krim, keju, kacang atau kismis, kue yang berasal dari sebuah kota di tepi barat Palestina ini dimasak dengan mentega sehingga ketika dipanggang warnanya cokelat keemasan. Ya, hitung-hitung pengganti kalau lagi bosan makan kue bolu.

Mansaf

mansaf-jordanian-food

Foto dari https://migrationology.com

Masakan yang satu ini sering banget berkeliaran di saat bulan puasa tiba. Terbuat dari susu kambing kering asin, mansaf memiliki bahan dasar yang sederhana. Beras, daging kambing dan susu kambing yang dibalut dengan rempah-rempah Timur Tengah makin bikin nikmat masakan ini. Makanan disajikan dalam baki bulat besar dengan teh Arab sebagai pengiringnya.

Falafel

falafel-mediterranean

Foto dari http://choicesaintlouis.com

Pernah makan kacang Arab? Nah, falafel sendiri adalah modifikasi unik panganan tersebut. Proses penyajiannya terbilang unik karena usai digiling dan ditumbuk, kacang Arab tersebut dipadatkan seperti bola-bola kecil, layaknya bikin kroket sebelum digoreng. Saus kari pedas menjadi teman mengemil falafel.

Fattous

dsc_2615_1

Foto dari http://chefjar.com

Jangan mengira negeri Arab nggak punya menu salad. Fattous menjadi alasan mengapa banyak orang barat mampir ke restoran Arab. Disajikan dalam sebuah piring, kamu bisa mencicipi renyahnya lettuce segar, roti pita, potongan tomat dan timun serta serpihan bawang, lemon dan minyak zaitun yang membuat segar lidah. Tertarik?

Foto utama dari https://migrationology.com

Kebayang mau icip masakan Arab yang mana? Nggak perlu khawatir soal bujet travelling! Soalnya Pegipegi punya tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah buat hunting lokasi jajannya.

CARI HOTEL MURAH

CARI TIKET PESAWAT MURAH

CARI TIKET KERETA API MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 519 times, 1 visits today)

Comments

To Top