Tips

Mau Hiking ke Gunung? Jangan Lupa Bawa 10 Barang Ini, Ya!

Masih punya jatah cuti banyak? Atau lagi kepingin menghilangkan penat di kepala? Mending liburan sambil hiking, yuk! Apalagi, Indonesia memiliki banyak sekali gunung menawan yang cocok buat kamu daki.

Buat yang belum pernah, hiking pasti terlihat mudah. Tapi, nyatanya hiking sangat mengurasi energi. Mendaki gunung dengan ketinggian 1000-2000 meter saja, kamu membutuhkan waktu perjalanan seharian lebih. Energi yang dikuras pun sangat besar, lho!

Jadi, hiking nggak cuma menyenangkan, tetapi juga menegangkan. Selain membutuhkan fisik, kamu juga wajib mempersiapkan beberapa peralatan atau gears penunjang aktivitas hiking. Berbagai perlengkapan seakan wajib dibawa selama perjalanan.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi memiliki rekomendasi 10 barang yang kamu harus bawa saat hiking. Apa saja? Mari disimak, yuk!

Sleeping Bag

Tenda saja nggak cukup. Biar tidur kamu nyaman, sleeping bag adalah gear wajib selanjutnya. Sleeping bag memiliki dua macam bahan, yang pertama serat sintestis yang kedua bulu angsa. Nah, pilihan yang terakhir punya fungsi dapat menghangatkan tubuh lebih efektif. Sedangkan yang serat sintetis punya kemampuan mengering lebih cepat. Revelation Quilt 20 Degree dari Enlightened Equipment dan Drift 20 SR dari Brooks-Range Mountaineering bisa jadi pilihannya.

Backpack/Ransel

Backpack adalah gear hiking yang nggak boleh terlupa sama sekali. Dengan gear ini, kamu dapat memuat banyak sekali kebutuhan selama hiking mulai dari pakaian, persediaan makanan hingga perlengkapan keselamatan lainnya. Backpack atau tas gunung yang baik mampu menahan beban hingga 50-60 liter. Backpack yang baik menggunakan bahan polyster yang kuat dan tahan air. Aether AG 60 dari Osprey dan 2400 Southwest dari Hyperlite adalah dua produk yang cukup direkomendasikan para pendaki.

Trekking Pole

Trekking pole atau yang akrab disapa tongkat pendaki adalah gear wajib selanjutnya. Fungsinya sudah jelas, mempermudah kamu mendaki kontur tanah yang terjal. Selain itu, trekking pole juga dapat meringankan kerja tubuh bagian atas saat rasa lelah menyerang. Terbuat dari besi, model trekking pole sudah bermacam. Ada yang dilipat, ada juga yang ditarik keluar untuk penggunaannya. Micro Varia Ti Cor-Tec DSS dari Leki adalah produk yang paling direkomendasikan.

Topi Kupluk

Punya nama lain beanie hat, topi kupluk menjadi salah satu hal yang nggak boleh kamu lupakan saat ingin mendaki. Terbuat dar bahan kain yang lembut dan nyaman, topi kupluk bakal melindungi kepala kamu dari berbagai situasi cuaca di atas gunung, seperti udara dingin hingga hujan.

Tenda Hiking

Gear yang satu ini sangat krusial, terutama jika kamu memutuskan buat bermalam. Tenda untuk hiking tentu berbeda dengan tenda kemah pada umumnya. Selain harus ringan, tenda hiking memiliki kaki-kaki penyangga yang elastis. Sehingga, saat diterpa angin, nggak mudah rubuh. Ada dua produk tenda yang bisa kamu pakai buat hiking, Divine Light 2L dari Sierra Designs maupun Ghost UL 2 dari Mountain Hardwear.

Asupan Gula

Hiking sangatlah menguras tenaga. Dengan medan yang ekstrem, tubuh kamu juga bakal berjibaku dengan udara dingin dan kelembaban yang luar biasa. Sehingga, tubuh kamu perlu asupan energi berupa gula. Beberapa alternatif produk bisa kamu sisipkan di kantung celana, seperti pasta cokelat hingga madu. Kalau nggak mau ribet, kamu bisa membekali diri dengan beberapa butih permen.

Termos

Pasokan air hangat sangat krusial saat kamu hiking. Nah, kehadiran termos dapat membantu kamu menghangatkan tubuh dari cuaca ekstrim ala puncak gunung. Terbuat dari aluminium, termos yang baik juga memiliki sifat adibiatik, di mana isi di dalamnya nggak bakal terpengaruh dengan kondisi lingkungan luar. Model termos yang paling muktahir telah menggunakan polyster tambahan di bagian luarnya. Produk dari Vapur, Eclipse bisa jadi pilihan terbaik.

Sepatu Gunung

Memilih sepatu gunung nggak sama seperti memilih sepatu biasa. Selain harus memikirkan bahannya, sepatu gunung yang baik bisa memudahkan pemakaiannya dalam berakselerasi. Namun, yang terpenting adalah sepatu gunung wajib memiliki sol bergerigi supaya bisa menggigit di tanah. Kamu juga harus memperhatikan leher sepatu yang dikenal dengan low cut, mid cut, dan high cut. Model Tower Trek GTX dari Garmont adalah produk yang paling direkomendasikan.

Jaket Gunung

Cuaca yang ekstrim dapat memperlambat akselerasi kamu saat mendaki. Nah, dibutuhkan jaket gunung untuk menghangatkan tubuh. Model jaket gunung hybrid ternyata lagi beken di kalangan pendaki. Dengan bahan fiber sintetis di luar agar cepat kering, jaket gunung yang baik memiliki lapisan wool di dalam untuk menahan hangat agar nggak mudah terlepas. Model jaket dari Brooks-Range Mountaineering, Hybrid LT sangat direkomendasikan buat kamu yang baru pertama kali hiking.

Perlengkapan Medis

Mendaki gunung punya banyak resiko kecelakaan atau gangguan terhadap tubuh lainnya. Jadi, akan sangat dianjurkan kamu untuk menyisipkan perlengkapan medis selama perjalanan. Kamu bisa bawa kota P3K yang ringkas. Di dalamnya, harus ada perban, betadine, hingga kapas untuk luka luar. Selain itu, kamu juga bisa membawa inheler, khususnya bagi kamu yang memiliki gangguan pernafasan.

Ada rencana buat traveling dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top