Tips

Mau Diving? Simak DuluTips Buat Pemula

Foto 1 Tips Diving Untuk Pemula

Indonesia adalah negara maritim. Tidak ada yang bisa menyangkal kenyataan ini. Pantai-pantai yang indah pun menjadi daya tarik tiap daerah untuk dikunjungi. Pemandangan bawah laut yang menakjubkan menunggu para diver dari seluruh pelosok negeri untuk dieksplorasi. Tapi, apa jadinya ya travelers kalau kamu pingin menyelam tapi belum bisa diving? Jangan khawatir, ingat kan ada pepatah ‘bisa karena biasa’. Simak ya tips diving buat pemula dari Pegipegi!

Persiapan yang matang

Foto 1 Tips Diving Untuk Pemula

Bisa berenang adalah modal dasar untuk bisa diving. Lucu kan travelers kalau kamu mau diving tapi mahirnya gaya batu, alias langsung tenggelam. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan segi keamanan, seperti tabung, kaca mata, sepatu katak, alat pernapasan, pakaian, dan lainnya. Selain itu, kamu juga wajib belajar dari diver yang sudah profesional dan bersertifikat sehingga lebih bisa dipercaya. Satu lagi ya travelers, sebelum diving, kamu juga harus melakukan pemanasan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kram.

Perhatikan instruksi instruktur

Travelers, diving itu beda lho dengan renang. Karena itu, kamu wajib mendengarkan instruksi dan nasehat-nasehat yang diberikan oleh instruktur. Penting juga untuk memperhatikan bagaimana cara menggunakan masker oksigen dan melihat kadar oksigen dalam tabung sehingga kamu bisa memperkirakan kapan harus naik ke permukaan. Selain itu, kamu juga mesti menghapal isyarat tangan yang biasa diberikan oleh instruktur saat berada di bawah air. Miscomunication bisa jadi petaka kalau kamu tidak memperhatikan dengan benar. Misalnya, jempol ke bawah berarti kamu boleh menyelam lebih dalam, jempol ke atas berarti kamu diminta untuk naik ke permukaan, telapak tangan menarik garis horizontal di leher berarti kehabisan oksigen dan ini berbahaya, sedangkan tangan kanan bergoyang seperti arus gelombang berarti ada masalah. So, jangan jauh-jauh dari instruktur ya biar kamu selalu mendapatkan kode yang akurat.

Pakai peralatan diving dengan nyaman dan fit

Foto 2 Tips Diving Untuk Pemula

Air yang merembes ke mata saat diving pasti sangat mengganggu. Karena itu kamu wajib memeriksa dan mengepaskan peralatan sehingga pas saat dipakai. Kalau terlalu longgar, kebesaran, atau kekecilan, kamu pasti tidak akan nyaman saat diving. Begitu juga dengan kapasitas oksigen dalam tabung. Tidak ada salahnya untuk bertanya tentang cara memasang peralatan yang tepat, serta tabung yang kamu bawa kira-kira bisa bertahan sampai berapa lama di bawah air. Dengan begitu, kamu bisa terus memantau melalui jam tangan anti air yang kamu pakai. Tidak usah malu-malu, karena ini penting juga untuk keselamatanmu.

Latihan pernapasan

Foto 3 Tips Diving Untuk Pemula

Apa gunanya oksigen yang kamu tenteng di pundak kalau kamu masih menahan napas di bawah air. Memang hal ini sering dilakukan oleh pemula. Yang benar adalah berusahalah untuk bernapas seperti biasa, yaitu dengan menghirup udara lewat mulut lalu dikeluarkan juga lewat mulut. Kalau kamu menahan napas, ini justru berbahaya untuk paru-paru. Udaya yang masuk dan keluar sedianya harus sama sehingga tubuhmu akan semakin rileks dan lebih ringan.

Melatih pernapasan saat berada di bawah air harus benar-benar kamu perhatikan. Ini penting untuk menghemat cadangan udara dalam paru-paru. Kamu bisa meminimalkan gerakan agar bisa mengurangi jumlah udara yang dibutuhkan. Sebagai tips, lebih baik kamu bergerak secara horizontal saat berada di bawah air agar cadangan udara bisa disimpan lebih lama.

Selain tips-tips di atas, kamu juga dilarang keras minum alkohol sebelum menyelam karena ini bisa memicu dehidrasi dan kehilangan kesadaran. Dan satu lagi, jangan panik saat menghadapi masalah saat berada di bawah air. Cobalah untuk tidak jauh dari permukaan pada awal latihan. Dan kalau kamu sudah merasa bisa beradaptasi, kamu bisa mencoba menyelam lebih dalam. Selamat ber-diving ria ya travelers!

 

Mulai rencana liburan diving kamu hanya bersama Pegipegi!

 

 

(Visited 492 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top