Destinasi

Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo, Destinasi Religi Sarat Sejarah di Palembang

Palembang sangat kaya akan spot wisata budaya. Nah, jika kamu sedang mencari destinasi wisata religi yang cukup bersejarah, Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo adalah pilihan yang tepat.

Terletak di jalan Jenderal Sudirman, 19 Ilir, Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Diinisiasi oleh pendiri Kesultanan Palembang, Ki Gede Ing Suro, masjid ini sudah berdiri sejak 1659.

Namun, nggak beberapa setelah berdiri perang antara masyarakat Palembang dan Belanda pecah. Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo harus mengalami nasib tragis, hangus terbakar.

Membutuhkan waktu yang cukup lama, hingga 10 tahun bagi Sultan Palembang, Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo membangun ulang masjid ini. Sehingga, saat diresmikan ulang pada 1748, Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo pun menjadi bangunan yang paling dijaga oleh masyarakat dan pemerintah sekitar.

Awalnya, masjid ini bernama Masjid Sultan Palembang. Tapi, demi menghormati sang sultan, masjid ini diubah namanya menjadi Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo pada awal tahun ini.

Yang bikin menarik dari Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo adalah gaya bangunannya yang merujuk ke tiga budaya di dunia. Mulai dari pintu utama masjid yang bergaya Eropa, atap masjid yang bergaya Tiongkok karena menyerupai kelentang hingga bagia menara yang berbentuk kerucut seperti tumpeng khas Nusantara.

Karena keunikannya, Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo  ini pun sudah menjadi bangunan cagar budaya nasional sejak 2003 lalu. Sehingga, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara bolak-balik berkunjung ke sini untuk melihat megahnya Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo.

Selain menjadi tempat ibadah Umat Muslim di Palembang, masjid ini sering menggelar berbagai acara keagamaan. Mulai dari Pengajian Kitab Kuning hingga pertemuan antar ulama lokal maupun nasional.

Tertarik main ke Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo? Sekalian liburan di Palembang. Yuk, pesan tiket pesawat, dan cari hotel murah di Palembang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top