Destinasi

Masjid Raya Baiturrahman, Kegagahan yang Bangkit Setelah Tsunami di Aceh

Tanpa terasa, sudah 14 tahun lamanya Banda Aceh bangkit dari bencana tsunami yang telah mengorbankan banyak nyawa, serta kerugian materi. Masjid Baiturrahman yang menjadi primadona Aceh pun mengalami kerusakan yang cukup parah.

Namun, perlahan-lahan Aceh pun bangkit, terlihat dari Masjid Raya Baiturrahman yang direnovasi dengan biaya sekitar Rp458 miliar dan sudah diresmikan di tahun 2017 oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Di tahun 2016 kemarin, Masjid Baiturrahman menyabet predikat predikat Daya Tarik Wisata Terbaik dalam kompetisi wisata halal nasional dan kompetisi wisata hala dunia yang diadakan di Abu Dhabi.

Setelah direnovasi, Masjid Baiturrahman terlihat lebih gagah dan cantik bagaikan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Di halamannya juga terdapat payung-payung elektrik raksasa yang memberikan keteduhan untuk para jamaah, baik saat hujan maupun panas.

Bicara soal sejarah, Masjid Baiturrahman dibangun tahun 1621 menggunakan bahan utama kayu di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda. Beberapa orang pernah mengatakan masjid ini pernah dibangun lebih awal di tahun 1292 oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah. Masjid ini juga pernah dihancurkan saat Perang Aceh di tahun 1873.

Namun, Mayor Jenderal Vander yang bertugas sebagai Jenderal Militer ketika itu menyadari nilai dan kepentingannya pada masyarakat Aceh. Sehingga, Masjid Baturrahman dibangun kembali pada tahun 1879. Kalau sekarang, Masjid Baiturrahman berada di pusat Kota Banda Aceh agar mudah ditemukan.

Mau liburan hemat ke Aceh? Bisa banget! Yuk, segera rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawat, dan hotel murah Aceh di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke Aceh cari hotel murah di Aceh

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top