Destinasi

Masjid Raya Baiturrahman, Ikon Aceh dengan Latar Belakang Multikultural

Liburan ke Banda Aceh nggak lengkap kalau belum mampir ke Masjid Raya Baiturrahman. Yap, spot wisata religi yang satu ini memang jadi ikon bagi Provinsi Aceh, lho!

Terletak di kawasan Kampung Baru, masjid ini sempat rusak diterjang gelombang tsunami pada 2004 silam. Namun, perlahan Masjid Raya Baiturrahman bangkit dari keterpurukan dengan sejumlah renovasi.

Punya kapasitas hingga 30 ribu orang, Masjid Raya Baiturrahman punya arsitektur yang menarik. Dirancang oleh arsitek asal Belanda, Gerrit Bruins, tempat ibadah umat Muslim ini mengusung gaya Mughal lewat bentuk kubah besar yang terdapat di beberapa menaranya.

Masjid Raya Baiturrahman pun memiliki hiasan dinding, tangga marmer hingga lantai yang dibawa langsung dari Negeri Cina. Sementara itu, bagian jendela kaca hingga lampu hias gantung perunggunya berasal dari Belanda dan Belgia.

Meski awalnya ada penentangan, Masjid Raya Baiturrahman perlahan berubah menjadi ikon Negeri Serambi Mekkah, ini. Kegiatan peribadahan seperti salat lima waktu berjamaah, tadarus Al-Quran hingga kegiatan keagamaan nggak pernah absen digelar.

Bentuk yang menawan dan cantik pun menjadi buruan para wisatawan buat berfoto. Apalagi, jika matahari sudah tenggelam di sore hari, Masjid Raya Baiturrahman memiliki lampu taman yang sangat memesona untuk dipandang mata.

Keindahan Masjid Raya Baiturrahman nyatanya menginspirasi banyak orang, nggak cuma di Indonesia, tetapi di belahan dunia lain. Pengelola Taman Minimundus di Karintia, Austria mengabadikan desain Masjid Raya Baiturrahman ke dalam sebuah bangunan miniatur berskala 1:25.

Salah satu alasan Masjid Raya Baiturrahman banyak kedatangan pengunjung adalah fasilitasnya yang semakin modern. Jika kamu main ke bagian halamannya, terdapat payung-payung elektrik raksasa yang memberikan keteduhan untuk para jamaah, baik saat hujan maupun panas.

Nggak cuma itu, demi menjaga agar Masjid Raya Baiturrahman, Pemerintah Aceh menghadirkan kendaraan pembersih lantai yang setiap hari beroperasi. Jadi, jangan heran jika lantai di Masjid Raya Baiturrahman selalu bersih dan kinclong!

Jangan lupa  sekalian liburan ke Aceh. Yuk, pesan tiket pesawat ke Aceh, dan cari hotel murah di Aceh  lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top