Destinasi

Masjid Raya Al-Mashun, Ikon Sakral dan Religius Kota Medan

Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, Medan menawarkan ragam wisata religius. Salah satunya adalah Masjid Raya Al-Mashun.

Terletak di kawasan padat, jalan Sisingmangraja, Masjid Raya Al-Mashun hadir sebagai ikon kota Medan. Hadir dengan gaya arsitektur unik, megah adalah kata yang pasti terbesit di kepala tiap kali melihat Masjid Raya Al-Mashun.

Memiliki delapan buah jendela serambi yang terbuat dari ukiran kayu merbau, Masjid Raya Al-Mashun dihiasi dengan ornamen kaligrafi kuno. Kesan sakral sekaligus relgius pun terasa saat kamu memasuki pelataran utama dari Masjid Raya Al-Mashun.

Gerbang besar yang terletak di depan Masjid Raya Al-Mashun menandakan tempat ibadah ini terbuka bagi siapapun. Saluran air dari Timur ke Barat yang mengalir berfungsi sebagai tepat berwudhu bagi pengunjung yang akan beribadah.

Masjid Raya Al-Mashun makin terlihat cantik dengan delapan pilar penyangga kubah. Setiap kubah memiliki teras dan pintu yang langsung menghadap ke jalan, menjadi spot yang pas untuk memandang kota Medan dari kejauhan.

Mimbar ala Sultan

Nyaris berusia 112 tahun, Masjid Raya Al-Mashun merupakan peninggalan dari Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam. Ia adalah rasa dari Kerajaan Melayu Deli yang menguasai kawasan Malaka pada 1873-1924.

Saat dibangun, sang Sultan terlibat langsung. Di mana, ia merogoh total kocek satu juta Gulden Belanda, jumlah yang sangat besar di zaman itu.

Arsitektur kenamaan asal Belanda, Van Erp dan JA Tingdeman ditunjuk untuk merancang struktur bangunannya. Maka, tidak mengherankan, jika arsitekturnya mengkombinasikan gaya Timur Tengah, Andalusia hingga Ottoman Eropa,

Pada era kepemimpinan, Sultan Ma’moen sering memberikan khotbah maupun pidato dari atas mimbar. Saking sakralnya, mimbar tersebut masih sangat terawat meski penggunaannya tampak jarang, sesekali selama bulan Ramadhan.

Buka setiap hari, Masjid Raya Al-Mashun rutin menggelar banyak pengajian dan acara sosial disamping fungsinya sebagai tempat ibadah. Buat kamu yang doyan fotografi, Masjid Raya Al-Mashun bisa jadi referensi bangunan antik yang menarik untuk diabadikan.

Untuk yang berada di luar Medan, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Medan dan cari hotel murah lewat Pegipegi, ya. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Medan  pesan tiket kereta api murah ke Medan  cari hotel murah lain di Medan

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top