Destinasi

Masjid Menara Kudus, Bukti Kulturalisasi Hindu dan Islam

Selain dikenal sebagai kota Kretek, Kudus adalah destinasi wisata religi yang cukup terkenal. Di sana, terdapat Masjid Menara Kudus yang menyimpan sejarah panjang penyebaran agama Islam di Indonesia.

Terletak di jalan Jenderal Ahmad Yani, Masjid Menara Kudus nggak cuma digunakan sebagai tempat beribadah umat Islam. Tetapi juga tempat berziarah ke Makam Sunan Kudus yang sangat melegenda.

Pengunjung akan disambut sebuah menara mirip pura yang didalamnya terdapat makam Kanjeng Sunan Kudus. Pura ini sendiri merupakan perpaduan antara kebudayaan Hindu dengan Islam yang sudah ada di Pulau Jawa ratusan tahun silam.

Masuk ke dalam, Masjid Menara Kudus memiliki 10 buah pintu sebagai akses masuk dari kanan dan kiri. Di dalamnya, hadir delapan pilar utama yang membopong konstruksi dari Masjid Menara Kudus ini.

Dengan luas tanah 2.400 meter persegi, masjid yang juga dikenal dengan nama Al-Aqsho Menara Kudus ini meninggalkan kesan menawan lewat desain interiornya, di mana ada mustako di bagian puncak dari Masjid. Meski tampak kecil dari luar, kamu bakal disuguhkan ornamen perpaduan kulturalisasi atara Hindu dan Islam.

Dari Sunan Kudus

Berdiri pertama kali pada 1549, Masjid Menara Kudus hadir berkat andil Kanjeng Sunan Kudus. Ia merupakan pemuka agama dari Sembilan Wali atau Walisongo yang sukses menyebarkan agama Islam di Jawa lewat budaya dan tanda dakwahnya.

Dengan mendirikan Masjid Menara Kudusi ini, sang Sunan berhasrat dapat menyebarkan agama Islam lewat pendekatan kulturalisasi. Hal ini sangat terlihat dari arsitektur utama yang menyerap tiga budaya, Jawa, Islam dan Hindu.

Nah, salah satu komponen penting peninggalan Sunan Kudus di masjid ini adalah kolam masjid. Memiliki bentuk unik, konon, kolam tersebut sudah ada sejak zaman purba dan dijadikan tempat berwudhu bagi umat Islam yang ingin beribadah.

Bagian yang nggak kalah uniknya adalah gapura. Dikenal dengan nama Lawang Kembar, pintu gapura Masjid Menara Kudus, kabarnya, berasal dari salah satu bangunan dari Kerajaan Majapahit.

Nah, jika kamu tengah melintasi Kudus atau ada niatan buat wisata ziarah, Masjid Menara Kudus adalah destinasi yang tepat, deh. Yuk, segera berkemas!

Untuk yang berada di luar Kudus, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket kereta api murah ke Kudus  dan cari hotel murahnya lewat Pegipegi, ya. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Kudus  pesan tiket kereta api murah ke Kudus  cari hotel murah lain di Kudus

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top