Destinasi

Masjid Kubah Emas, Ikon Kota Depok Kelas Dunia

Sebagai kota satelit untuk Jakarta, Depok nggak memiliki banyak tempat wisata. Namun, ada satu spot kelas dunia yang sering menjadi incaran para pelancong kala mampir ke kota Belimbing ini, Masjid Kubah Emas.

Berlokasi di jalan Raya Meruyung, Limo, masjid yang memiliki nama asli Dian Al-Mahri tersebut adalah ikon menarik bagi kota Depok, kenapa? Karena, kubah masjidnya sendiri mengandung emas dengan 24 karat dengan ketebalan dua hingga tiga, yang dihiasi mozaik kristal.

Lima kubah kecil yang mengelilingi masjid pun turut dihiasi emas. Bukan tanpa alasan, karena angka lima merupakan jumlah Rukun Islam, salah satunya soal zakat.

Berkapasitas 15 ribu orang, Masjid Kubah Emas berdiri di atas lahan seluas 70 hektar, sedangkan luas masjid adalah 8.000 meter persegi. Mengusung arsitektur gaya Timur Tengah, masjid ini pun tampak mewah di dalamnya.

Relief di atas tempat imam masjid bertugas mengandung emas 18 karat. Lampu gantung utama pun didatangkan langsung dari Italia, yang menyinari ruang utama, ruang mezanin, halaman dalam, selasar atas, dan ruangan fungsional lainnya.

Digunakan sebagai tempat ibadah sehari-hari, Masjid Kubah Emas turun rutin menggelar kegiatan seperti majelis taklim hingga Safari Ramadan. Nggak heran, ribuan jamaat maupun turis mengunjungi Masjid Kubah Emas setiap harinya.

Sosok Hajjah Dian

Dibuka pertama kali pada 2006 lalu, Masjid Kubah Emas dibangun oleh Hajjah. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid. Ia merupakan seorang pengusaha kaya raya asal Banten yang menafkahkan hartanya untuk membangun masjid termegah di Asia Tenggara ini.

Lewat Masjid Kubah Emas, Hj. Dian berharap agar syiar Islam yang dia jalankan dapat memberikan inspirasi bagi semua orang. Ia pun ingin mengajarkan semua orang betapa berharganya ikhlas bagi agama dan kemanusiaan.

Syiar agama yang dihadirkan oleh Hj. Dian awalnya hanya berbentuk masjid taklim sebanyak 25 orang di kawasan Kebayoran Lama. Namun, seiring dengan suksesnya usaha pertambangan yang ia miliki di luar negeri, Hj. Dian pun berkomitmen untuk membangun sebuah masjid sebagai dedikasinya kepada agama.

Menariknya, sampai sekarang, nggak ada yang tahu pasti tentang total dana yang digunakan untuk membangun Masjid Kubah Emas ini. Namun, para ahli arsitektur menaksir Masjid Kubah Emas dibangun dengan biaya hingga puluhan milyar Rupiah.

Tertarik mengintip kemegahan Masjid Kubah Emas? Sekalian liburan di Jakarta, yuk! Agar bujet liburanmu ke Jakarta terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top