Destinasi

Masjid Andalusia, Wisata Religi Bernuansa Spanyol di Bogor

Sedang mencari spot wisata religi yang nggak jauh dari Jakarta? Main ke Bogor saja! Di kota hujan ini, kamu dapat menemukan sebuah masjid yang sangat megah dan menarik untuk dikunjungi, Masjid Andalusia.

Sesuai dengan namanya, masjid yang diresmikan pada 2012 lalu ini mengambil inspirasi dari keindahan, kejayaan dan keberadaban masyarakat Islam di Andalusia, Spanyol.

Andalusia sendiri, yang sekarang bernama Spanyol Selatan, berdiri pada Ramadhan 92 Hijriah, saat seorang pejuang Islam, Thariq bin Ziyad bersama pasukannya berhasil masuk ke Spanyol. Sejak itulah, Islam mulai menyebar di benua Eropa.

Berlokasi di jalan Ir H Juanda, Sentul City, Masjid Andalusia digagas oleh seorang tokoh ekonomi Islam, Dr Muhammad Syafii Antonio. Pembangunannya sendiri memakan waktu sekitar enam tahun.

Berdiri di atas tanah seluas satu hektar, Masjid Andalusia hadir dengan arsitektur bergaya Spanyol pada abad pertengahan. Hadir dengan empat menara menjulang tinggi, masjid ini memiliki kubah besar berwarna biru dengan perpaduan garis putih di tengahnya.

Masuk ke dalam, kamu bakal disuguhkan dengan beragam kaligrafi yang diracik dengan perpaduan warna unik. Termasuk kaligrafi 99 Asmaul Husna yang terukir cantik di dinding kubah.

Selain digunakan untuk kegiatan ibadah seperti salat dan pengajian, Masjid Andalusia mempersilahkan masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan ekonomi, mulai dari pelatihan kerajinan hingga pemberdayaan masyarakat.

Nggak heran, masyarakat binaan masjid ini mampu membuka berbagai macam usaha, terutama kuliner. Ada juga yang mampu menggerakkan usaha kerajinan berupa kain bordir usai mendapatkan ilmu di Masjid Andalusia.

Tertarik buat main ke Masjid Andalusia? Sekalian liburan di Bogor. Yuk, cari hotel murah di Bogor lewat Pegipegi!

cari hotel murah di Bogor

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top