Destinasi

Masjid Agung Batam, Arsitektur Melayu yang Penuh Keunikan

Lagi cari destinasi wisata religius di kota Batam? Yuk, mampir aja ke Masjid Agung Batam yang sangat megah.

Terletak di Jalan Engku Putri, Batam Center, masjid ini mudah diakses dari alun-alun kota Batam, lho. Nah, yang bikin menarik dari Masjid Agung Batam adalah arsitektur yang unik.

Rampung dibangun pada 2001, Masjid Agung Batam nggak memiliki tiang penyanggah di dalamnya. Sehingga, masjid ini memiliki ruang yang sangat luas bagi para jemaat untuk beribadah solat maupun mengaji.

Soal desain, Masjid Agung Batam ini memiliki unsur melayu yang kental. Hadir dengan atap yang berbentuk limas bertingkat, Masjid Agung Batam siap memikat kedua mata kamu dengan kemegahan menara setinggi 66 meter.

Bentuk limas yang hadir di bagian atap sendiri memiliki makna tersendiri, yaitu sebagai simbol hubungan antara manusia dengan tuhan atau yang biasa dikenal dengan habluminallah. Sedangkann, ketiga bagian dari limas ini melambangkan perjalana hidup manusia yang harus menempuh tiga alam, rahim, dunia dan akhirat.

Mengadopsi masjid-masjid besar di Timur Tengah, Masjid Agung Batam memiliki plaza atau halaman yang sangat luas. Selain digunakan untuk menampung jemaat yang nggak mendapatkan tempat di dalam, plaza ini juga berfungsi sebagai tempat kumpul bersama.

Kamu bisa menikmati cuaca tropis kota Batam sambil menunggu sunset di balik Masjid Agung Batam. Jadi, tertarik buat main ke Masjid Agung Batam?

Tertarik buat main ke Maluku? Mampir ke kota Batam sekalian. Yuk, pesan tiket pesawat,  dan cari hotel murah di Batam lewat aplikasi dan web Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top