Destinasi

Mari Mengeksplorasi Kepulauan Derawan

pulau derawan

Popularitas kepulauan ini mungkin belum mendunia seperti layaknya Bali atau Lombok. Namun, di Kepulauan Derawan ini terdapat empat pulau utama dengan pemandangan spektakuler yang sudah dikenal di kalangan traveler, yaitu Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Maratua dan Pulau Sangalaki. Bukan hanya pemandangan pantai yang luar biasa, tapi keanekaragaman biota laut di keempat pulau itu juga tidak boleh dilewatkan.

Terletak sekitar tiga jam perjalanan melalui laut dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Kepulauan Derawan memang belum bisa menyedot wisatawan sebanyak Bali atau Lombok karena lokasinya yang terpencil. Tapi, justru karena itulah sekarang saat yang tepat untuk kamu mencoba mengeksplorasi kepulauan indah ini sebelum nantinya terlalu sesak dikunjungi.

Yuk kita jelajah pulau apa saja yang bisa kamu datangi saat traveling ke Kepulauan Derawan.

Pulau Derawan

derawan

Laut di Pulau Derawan memiliki beraneka ragam biota laut sehingga snorkeling dan menyelam adalah aktivitas yang layak dilakukan disini. Selain itu, pada saat tertentu, kamu bisa menyaksikan satwa langka penyu hijau bertelur di pinggir pantai di malam hari. Terdapat juga perkampungan nelayan dimana kamu bisa menemukan kerajinan tangan buatan penduduk lokal dari suku Dayak.

Pulau Kakaban

ubur2 pulau kakaban

Pulau yang tak berpenghuni ini memiliki danau langka yang menjadi tempat populasi ubur-ubur yang tidak menyengat sehingga kamu bias bebas berenang bersama mereka. Perlu diketahui, hanya ada dua danau ubur-ubur di dunia, satu lagi terletak di Republik Palau, sebuah negara yang bertetangga dengan Indonesia yang terletak di timur Filipina. Bahkan, jumlah ubur-ubur di Kakaban jauh lebih banyak dibandingkan Palau. Bukan itu saja, di Pulau Kakaban juga terdapat terumbu karang yang bisa kamu lihat dari atas perahu berkat air lautnya yang sangat jernih

Pulau Maratua

MR-2

Pasir putih, air laut yang jernih, burung-burung camar di langit adalah pemandangan eksotis yang dapat kamu temukan di pulau ini. Kegiatan snorkeling dan diving juga sangat layak dilakukan di sini. Jelas saja, Pulau Maratua memang sudah dikenal sebagai salah satu surga bagi para penyelam profesional. Tidak heran jika di pulau ini terdapat beberapa resort kelas dunia yang siap memberikan akomodasi dan pelayanan mewah dan nyaman.

Pulau Sangalaki

pulau sangalaki

Penangkaran penyu adalah ciri khas dari pulau yang terletak sekitar 30 menit dari Pulau Maratua atau satu jam dari Pulau Derawan ini. Selain itu, terdapat juga ikan Pari Manta yang menjadi daya tarik bagi para penyelam. Ada banyak titik penyelaman di pulau ini, tapi ada baiknya kamu berenang di tempat yang tidak terlalu dangkal supaya tidak merusak karang yang ada di sana. Saat snorkeling di Pulau Sanglaki, kamu harus selalu waspada dan berhati-hati, karena kedalaman lautnya terkadang membuat traveler terkejut dan panik.

Nah, mulai ‘kenal’ dengan Derawan kan? Selanjutnya, rencanakan perjalananmu dengan memesan tiket pesawat dan hotel di pegipegi!

(Visited 428 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top