Destinasi

Mari Berkeliling ke 8 Wisata Alam Khas Kota Kartini, Jepara

Kota Jepara dikenal sebagai kampung halaman bagi mendiang pahlawan nasional Raden Ayu Kartini. Di kota inilah, RA Kartini lahir dan tumbuh besar untuk memperjuangkan hak-hak bagi wanita Indonesia pada zaman penjajahan Belanda.

Well, nggak cuma menyimpan sisi historisnya, kota Jepara juga menawarkan banyak sekali wisata alam yang cocok buat kamu kunjungi. Letaknya yang berhadapan langsung dengan Laut Jawa membuat Jepara banyak dikaruniai pantai-pantai indah.

Nah, buat kamu yang dalam waktu dekat mau berlibur di Kota Kartini ini, Pegipegi sudah punya daftar tempat wisata alam wajib kamu kunjungi. Simak ya!

1. Kepulauan Karimunjawa

Foto: lihat

Meski harus menyebrang dengan perahu, pesona yang ditawarkan oleh Karimunjawa nggak cuma pantai pasir putih yang indah, kok. Di sini, kamu bisa puas scuba diving bersama ikan-ikan dan terumbu karang yang terawat. Di Kepulauan Karimunjawa ini juga terdapat juga wisata hutan mangrove dengan udara yang khas.

2. Pantai Kartini

Foto: indonesiaituindah

Nah, kalau Karimunjawa terlalu jauh, kamu bisa main-main ke Pantai Kartini, deh. Dengan luas 3,5 hektar, pantai ini cukup indah dengan latar belakang langsung ke laut Jawa. Nah, ada yang menarik dari Pantai Kartini. Jika kamu mandi di sini, segala penyakit seperti gatal-gatal hingga rematik bisa sembuh di sini. Penasaran? Coba sendiri, deh!

3. Pulau Panjang

Terletak 1,5 mil dari Pantai Kartini, Pulau Panjang jadi salah satu wisata alam yang patut dikunjungi, deh. Dengan garis pantai yang panjang, kamu bisa menikmati sensasi main di pantai pasir putih. Nggak cuma itu, di sini juga banyak terdapat area buat snorkling dan bermain kano. Keindahan pantainya cocok buat kamu yang hobi selfie.

4. Pantai Tirto Samudro

Foto: yukpiknik

Nggak jauh beda dengan Pantai Kartini, Pantai Tirto Samudro menawarkan wisata pasir putih dengan deburan ombak yang cukup indah. Di sini, kamu juga bisa naik perahu buat berkeliling pesisir pantai sambil menikmati udara pantai khas Jepara. Nah, kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat festival Paralayang tingkat internasional yang rutin digelar di sini.

5. Air Terjun Songgolangit

Foto: telusurindonesia

Nggak cuma menawarkan pantai, Jepara juga punya wisata alam di ketinggian, lho. Air Terjun Songgolangit menjadi salah satu tempat wisata yang kamu harus kunjungi. Dengan ketinggian 80 meter, air terjun ini menghantarkan ribuan kubik air segar dari pegunungan tiap harinya yang bisa kamu nikmati. Mau lebih menantang? Ya, Air Terjun Songgolangit Jepara menyimpan kisah mistis. Konon, di bawah aliran air terjun dihuni sepasang pengantin yang sudah menjadi penunggu air terjun ini selama bertahun-tahun.

6. Pulau Mandalika

Foto: maxmanroe

Butuh 30 menit dengan perahu nelayan buat sampai ke pantai yang satu ini. Tapi, pemandangan indah siap menyambut kamu saat pertama kali kaki menginjakkan pasir putih Pulau Mandalika. Di sini, kamu nggak cuma bisa main di pantai, tetapi juga foto-foto di atas bukit hijau yang menjadi salah satu latar belakang Pulau Mandalika.

7. Goa Tritip

Foto: tripjalanjalan

Mau merasakan sedikit atmosfer mistis? Kamu bisa mampir ke Goa Tritip. Berlokasi di Kecamatan Donorojo, goa yang satu ini penuh dengan misteri. Jika kamu masuk ke dalam, akan banyak ditemukan sesajen khas masyarakat Kejawen. Konon katanya, dulu goa yang satu ini menjadi area pertapaan. Tapi secara struktur, goa yang satu ini cocok buat kamu yang suka tantangan!

8. Wisata Danau Blingoh

Foto: kuloagus

Danau yang satu ini nggak sepenuhnya terbentuk karena alam. Aktivitas penambangan batu putih selama bertahun-tahun di sini menciptakan sebuah lubang besar yang terisi air hujan. Lama kelamaan, lokasi ini menjadi danau baru yang indah, dengan warna air yang biru muda. Saking barunya, banyak banget warga Jepara yang nggak bosan buat datang ke sini setiap harinya.

Gimana travelers, tertarik buat travelling ke Jepara? Yuk, langsung aja liburan ke Jepara dengan booking hotel murah di Jepara lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke cirebon  pesan tiket kereta api murah ke cirebon  cari hotel murah di cirebon

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 670 times, 1 visits today)

Comments

To Top