Berita

Makna “Khusus” Hari Lahir Pancasila yang Patut Diteladani

Hari ini, tepat tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila sekaligus hari libur nasional yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo lewat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Selain diperingati untuk mengenang jasa para pendiri bangsa, tahukah kamu makna khusus yang tersimpan di dalam peringatan Hari Lahir Pancasila? Jika belum, yuk simak ulasan berikut ini. Siapa tahu bisa menambah rasa cinta kamu sama dasar negara kita, Pancasila!

Sebagai Cermin Kepribadian & Pemersatu Bangsa

hari lahir pancasila

Sebagaimana hari lahir pada umumnya, namun yang lahir kali ini adalah ide, gagasan, dan semangat Pancasila. Kata Pancasila sendiri pertama kali diucapkan oleh Soekarno di sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Berikut kutipan pidatonya:

“Dasar negara Indonesia hendaknya mencerminkan kepribadian Indonesia dengan sifat-sifat yang mutlak keindonesiaannya dan sekalian itu dapat pula mempersatukan seluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku, aliran, dan golongan penduduk.

Dasar negara yang saya usulkan. Lima bilangannya. Inilah Panca Dharma? Bukan! Nama Panca Dharma tidak tepat di sini. Dharma berarti kewajiban, sedang kita membicarakan dasar.

Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya menamakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa (Muhammad Yamin) namanya Pancasila. Sila artinya asas atau dasar dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia yang kekal dan abadi.”

Baca juga: Kenapa 1 Juni Ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila?

Sebagai Nilai Luhur Kehidupan Berbangsa & Bernegara

Di tengah era globalisasi dan derasnya arus informasi, Pancasila terus menghadapi berbagai tantangan. Oleh karena itu, kita, khususnya generasi muda diimbau untuk terus menghidupkan dan mengaplikasikan kelima dasar negara dalam kehidupan sehari-hari. Dengan turut menanamkannya di dalam hati, Pancasila tidak hanya akan menjadi identitas bangsa tapi juga identitas kamu sebagai rakyat Indonesia, loh. Jadi, jangan lupakan siapa jati diri kita, ya, travelers! Yuk, hargai perbedaan agar bangsa kita selalu aman dan damai.

Btw, sudah kangen traveling belum? Sabar dulu ya, #NantiKitaPegipegiLagi kok! Ketika semua sudah kembali ‘normal’, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus, dan hotel murah di Pegipegi!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

 Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top