Destinasi

Makin Dekat Dengan Gajah Sumatera di Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Nggak heran, ada banyak Taman Nasional yang berdiri untuk melindungi keanekaragaman hayati di dalamnya, salah satunya Taman Nasional Way Kambas.

Terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, taman nasional yang satu ini menjadi habibat berbagai jenis satwa liar langka, khususnya dari Pulau Sumatera. Kamu dapat bertemu dengan badak sumatera, tapir (Tapirus indicus), enam jenis primata, rusa sambar (Cervus unicolor), kijang (Muntiacus muntjak), harimau Sumatera (Panthera tigris), hingga beruang madu di sini.

Namun, masyarakat lebih mengenal Taman Nasional Way Kambas sebagai pusat konservasi gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus). Kabarnya, ada sekitar 200 gajah sumatera yang mendiami kompleks dari Taman Nasional Way Kambas.

Gajah sumatera sendiri merupakan jenis gajah yang cukup berbeda dari yang lain lantaran memiliki ukuran yang lebih kecil dari gajah afrika. Namun, karena jumlahnya terbatas, pelestarian adalah satu-satunya cara untuk menjaga eksistensi dari gajah sumatera.

Perlindungan nggak cuma sebatas penyediaan habibat saja, tetapi juga pemeliharaan kesehatan. Bahkan, Taman Nasional Way Kambas memilik rumah sakit khusus gajah terbesar di Asia, lho!

Sebagai taman nasional tertua di Indonesia, Way Kambas memiliki fasilitas tersendiri bagi kamu yang ingin datang dan berkenalan dengan gajah-gajah sumatera tersebut. Makin menarik, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan unik dari para gajah lewat permainan seperti sepak bola gajah di sini.

Meski terletak di luar kota Bandar Lampung, Taman Nasional Way Kambas dapat kamu capai dengan dua jam berkendara. Jika kamu ingin ke sana dengan angkutan umum, ada beberapa bus yang siap menghantarkan kamu dari Terminal Bandar Lampung.

Tertarik buat main ke sini? Sekalian liburan ke Lampung. Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Bandar Lampung lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top